Para Ahli Ingatkan Masyarakat Waspadai Penyebaran Cacar Monyet.

- Jumat, 20 Mei 2022 | 18:39 WIB
Cacar Monyet (Kanal IG https://www.instagram.com/p/CdxTN3dMWtc/)
Cacar Monyet (Kanal IG https://www.instagram.com/p/CdxTN3dMWtc/)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Dengan munculnya kasus cacar monyet di beberapa negara di dunia membuat para ahli memberikan peringatan kepada masyarakat untuk mewaspadai penyebaran virus tersebut. 

Dilansir sumbatimur.victorynews.id dari pikiran-rakyat.com dengan judul "Penularan Cacar Monyet Tak Semudah Covid-19 Ahli Yakin Tak Akan Picu Dampak Global"

Baca Juga: Aktor 'Cek Toko Sebelah' Ungkap Masa-masa Sulit Saat Kuliah

Para ahli menyimpulkan penyakit cacar monyet tidak akan menimbulkan risiko serius bagi publik.

Hal ini dikarenakan orang yang terinfeksi cacar monyet biasanya tertular dari gigitan, cakaran hewan, maupun dari konsumsi daging yang terkontaminasi.

Selain itu, menurut Dokter penyakit menular dan ahli epidemiologi rumah sakit di Tufts Medical Center, Dr. Shira Doron penularan cacar monyet juga bisa melalui tetesan dan cenderung tidak menyebabkan wabah.

Baca Juga: Dapat Restu Bupati, 20 Warga Kambajawa Buka Warkop di Patung Kuda

“Ini menular melalui tetesan besar yang tidak menyebar terlalu jauh atau melalui kontak dengan penderita itu sendiri atau menyentuh seseorang dengan seprai atau pakaian. Ini bukan sesuatu yang Anda dapatkan tanpa kontak intim yang sangat dekat, itulah sebabnya itu tidak cenderung menyebabkan wabah,” ungkapnya. 

Namun demikian, dirinya mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran cacar monyet itu bahkan meminta masyarakat untuk membandingkannya dengan Covid -19.

Halaman:

Editor: Frengky Keban

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serangan Rusia Semakin Sporadis, Ukraina Terjepit

Selasa, 21 Juni 2022 | 10:16 WIB

Rusia Diklaim Rebut Kota Industri di Ukraina

Senin, 20 Juni 2022 | 06:18 WIB
X