Sekjen PBB Mengutuk Serangan Rusia yang Menyasar Mal di Ukraina

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:33 WIB
Sekjen PBB Antonio Guterres
Sekjen PBB Antonio Guterres

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengutuk serangan Rudal Rusia yang menyasar mal di Ukraina Senin (27/6/2022).

Kutukan terhadap serangan Rudal Rusia ini diungkapkan Antonio Guterres melalui juru bicaranya Stephane Durrajic setelah rudal Rusia meledak di sebuah mal di Ukraina yang tidak ada hubungannya dengan militer.

Akibat ledakan Rudal Rusia tersebut, dilaporkan 11 warga sipil dipastikan meninggal dunia  dan 40 orang lainnya terluka.

Baca Juga: Sumba Timur ditargetkan Jadi Kabupaten Kedelapan yang Melaunching Aplikasi Srikandi Di Indonesia

Stephane Durrajic menegaskan Kota Kremenchuk selama ini terhindar dari serangan langsung Rusia ke Ukraina sehingga serangan yang terjadi di mal ini sungguh menyedihkan.

"Setiap serangan yang menghantam pusat perbelanjaan benar-benar menyedihkan. Kami sekali lagi menekankan bahwa para pihak berkewajiban berdasarkan hukum humaniter internasional untuk melindungi warga sipil dan infrastruktur sipil,” jelas Stephane sebagaimana dilansir sumbatimur.victorynews.id dari Pikiran-Rakyat.com Selasa (28/6/2022) dengan judul 'Serangan Rudal Rusia Hantam Mal di Ukraina, Tewaskan 11 Warga Sipil'

Baca Juga: Kejar Ketertinggalan Pembelajaran, Bupati Sumba Timur Keluarkan Instruksi Tentang Pemulihan Pembelajaran

Tekanan yang sama juga disampaikan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, yang menegaskan serangan di mal itu menunjukkan kedalaman kekejaman dan barbarisme dari pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Menurutnya, Putin harus menyadari bahwa perilakunya tidak akan mengubah apa pun selain membuat Inggris dan setiap negara G7 lainnya memperkuat tekad mendukung Ukraina selama diperlukan.

Untuk diketahui udal Rusia menghantam sebuah mal di Kota Kremenchuk, Ukraina pada Senin (27/6/2022). Serangan itu menewaskan sedikitnya 11 orang dan melukai 40 lainnya.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akhirnya, Korea Utara Keluar Dari Pandemi Covid 19

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:12 WIB

Lagi, Bos Al Qaeda Pengganti Osama bin Laden Terbunuh

Selasa, 2 Agustus 2022 | 19:06 WIB
X