Perayaan HIMAS 2022, Kemendes PDTT Tegaskan UU Desa adalah Bagian dari Dukungan Terhadap Masyarakat Adat

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:04 WIB
HIMAS diperingati setiap tanggal 9 Agustus.  (Tangkapan layar Instagram)
HIMAS diperingati setiap tanggal 9 Agustus. (Tangkapan layar Instagram)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) dilaksanakan setiap tanggal 9 Agustus.

Peringatan HIMAS setiap tanggal 9 Agustus ini dilakukan sebagai bentuk untuk meningkatkan kesadaran dan melindungi hak-hak populasi masyarakat adat dunia.

Dimana penentuan tanggal 9 Agustus untuk peringatan HIMAS ini merujuk pada keputusan majelis umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disahkan pada 13 September 2007 lalu.

Baca Juga: Ajukan Diri Sebagai JC, LPSK Tegaskan Perlindungan untuk Bharada E

Dikutip dari laman Komnas HAM, deklarasi ini sendiri menegaskan bahwa masyarakat adat berhak untuk menikmati secara penuh, baik secara kolektif maupun individual.

Termasuk segala macam hak asasi dan kebebasan mendasar seperti yang diakui dalam Piagam PBB, Deklarasi Universal HAM, dan perangkat hukum internasional tentang HAM.

Baca Juga: Datangkan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Begini Kata Ridwan Kamil

Selanjutnya masyarakat adat dan individu dinilai mempunyai kebebasan dan kesetaraan dengan masyarakat dan individu lainnya dan memiliki hak untuk terbebas dari segala macam jenis diskriminasi.

Masyarakat adat juga memiliki hak melakukan identifikasi diri, serta memiliki kebebasan atas hak sipil dan politik serta hak ekonomi, sosial, dan budaya.

Baca Juga: AS Roma Resmi Lepas Dua Pemainnya, Satunya Mantan Rising Star Barcelona

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bencana di Pakistan, Indonesia Kirim Bantuan

Selasa, 27 September 2022 | 09:22 WIB
X