Gelar Pameran Bukti Keseriusan PLN Terhadap Pertumbuhan UMKM

- Jumat, 28 Januari 2022 | 18:16 WIB
Kapolre Sumba Timur, Handrio Wicaksono dan Manager pelayanan UP3 Sumba, Yohan Tokael meninjau stand pameran UMKM. (VN/JUMAL HAUTEAS)
Kapolre Sumba Timur, Handrio Wicaksono dan Manager pelayanan UP3 Sumba, Yohan Tokael meninjau stand pameran UMKM. (VN/JUMAL HAUTEAS)
 
SUMBA TIMUR VICTORY NEWS - PT PLN (Persero) bersama Pemerintah Kabupaten Sumba Timur terus mendorong kemajuan potensi dari produk lokal di Pulau Sumba yang kini telah dikenal luas. Salah satunya melalui Pameran Produk UMKM bagi para Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kabupaten Sumba Timur.
 
Pameran yang diikuti lebih dari 30 pelaku UMKM ini adalah kesempatan bagi para pelaku UMKM mengenalkan, mempromosikan, dan menjual produk kreasinya kepada masyarakat.
 
Event yang dilaksanakan selama tiga hari dan bertempat di Taman Wisata Swembak Kabupaten Sumba Timur ini melibatkan berbagai UMKM sesumba Timur diantaranya UMKM Binaan PT Bank BRI, UMKM Binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur, Rumah Kreatif BUMN Kabupaten Sumba Timur, UMKM Binaan PKK Kabupaten Sumba Timur, dan UMKM Binaan Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba.
 
 
Venue Pameran pun dibagi menjadi dua arena yakni Venue UMKM Kuliner dan Venue UMKM Ekonomi Kreatif/Non Kuliner. 
 
Dalam sambutan Bupati Kabupaten Sumba Timur, Khristofel Praing melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Umbu Ngadu Ndamu menyampaikan: “Ini adalah bentuk apresiasi terhadap para pelaku UMKM se-Sumba Timur, semoga dengan pameran ini dapat memunculkan kembali semangat UMKM masyarakat kabupaten Sumba Timur.”
 
Senada dengan itu, Manager UP3 Sumba Blasius Gani melalui Manager Pemasaran  Yohan Tokael menuturkan TJSL PLN telah menyentuh berbagai lapisan masyarakat guna menumbuhkan semangat UMKM seperti pelatihan Sablon pada Desa Wisata Wairinding dan Desa Ratenggaro.
 
Ada juga Pelatihan pengolahan Frozen Food pada desa Lumbukore, Pelatihan pembuatan Souvenir Khas Sumba pada Desa Kuta, Pelatihan Pengolahan Rumput laut pada Desa Kaliuda, dan beberapa kegiatan CSR lain guna membangkitan gairah UMKM masyarakat agar dapat mandiri.
 
 
"Pameran ini pun tidak memungut biaya untuk tiket masuk, cukup dengan menginstal PLN Mobile sebagai pengganti tiket masuk," ujarnya.
 
 
Cicilia Rudolf masyarakat Padadita yang ikut turut serta mengunjungi Pameran ini menyatakan “Senang sekali bisa ikut pameran untuk mengisi family time bersama keluarga. Cukup Instal PLN Mobile sebagai tiket masuk bahkan bisa mendapatkan Doorprize dan Hadiah Undian.”
 
Pada pameran ini pun seluruh stand UMKM dinilai untuk memenangkan beberapa kategori stand diantaranya: Stand Kategori Best Selling, Kategori Stand Favorit, Kategori Stand Best Hospitality, dan dua Stand Pilihan Juri.
 
 
Adapun pemenangnya meliputi : Kategori Stand Best Selling diraih oleh Stand UMKM Jeslyn Cake and Cookies, Kategori Stand Favorit diraih oleh Stand Unkriswina FST – Teknologi Hasil Perikanan, dan Kategori Stand Best Hospitality diraih oleh Stand Prily Collection. 
 
Sedangkan Stand Pilihan Juri jatuh pada Stand UMKM Hinggi Humba dan Stand UMKM Kimberly.
 
Turut hadir dalam acara ini Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono, Dandim 1601/Sumba Timur, Letkol Czi Aditya Triwirawan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Ida Bagus Putu Punia, Manager ULP Sumba Timur, Ivan Firmansyah, Ketua Bhayangkari Cabang Sumba Timur, Ratna Handrio Wicaksono, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Timur, dan berbagai komunitas dan organisasi se-Kabupaten Sumba Timur.***

Editor: Jumal Hauteas

Tags

Terkini

Ini Tips Mengatur Uang THR Anak

Minggu, 8 Mei 2022 | 16:48 WIB

Stok dan Distribusi Migor di NTT Masih Normal

Rabu, 16 Maret 2022 | 10:07 WIB

Survei SMRC: Kondisi Ekonomi NTT Membaik

Rabu, 23 Februari 2022 | 17:12 WIB
X