Ekonom Apresiasi Instruksi Pengalokasikan 40 Persen APBD untuk Belanja Barang dan Jasa Dalam Negeri

- Sabtu, 30 April 2022 | 22:54 WIB
Ilustrasi pemulihan ekonomi nasional. (Dok.ist)
Ilustrasi pemulihan ekonomi nasional. (Dok.ist)

VICTORY NEWS SUMBA TIMUR - Ekonom dari Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira Adinegara, mengapresiasi keputusan Mendagri, Tito Karnavian dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Apresiasi ini disampaikan Yudhistira setelah Mendagri, Tito Karnavian mengeluarkan Instruksi Mendagri yang mewajibkan pemerintah daerah mengalokasikan angggaran APBD untuk belanja barang dan jasa dalam negeri.

Keputusan ini menurut Yudhistira adalah keputusan yang tepat untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional setelah Pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

Baca Juga: Kunjungi Lokasi Budidaya Lobster di Mulut Seribu, Ini yang Dilakukan VBL-JNS

"Cukup positif jika implementasinya berjalan efektif khususnya untuk menyerap produk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah)," jelas Yudhistira sebagaimana dikutip sumbatimur.victorynews.id tari dari Pikiran-Rakyat.com, Minggu (30/4/2022) dengan judul "Ekonom: Instruksi Mendagri Belanjakan 40 Persen APBD Untuk Produk Lokal Harus Dikawal demi Pemulihan Ekonomi"

Menurut dia, terobosan Tito tersebut harus dikawal dengan kebijakan turunannya berupa punishment and reward atau sanksi dan apresiasi. Tujuannya supaya pemerintah daerah benar-benar menjalankannya.

Ia mengatakan 40 persen APBD semua daerah jika diserap oleh pelaku industri dalam negeri akan memantik geliat ekonomi nasional.

Baca Juga: Glenca Chysara Susul Arya Saloka Cabut dari Ikatan Cinta
"Juga dampaknya serapan tenaga kerja khususnya UMKM akan meningkat dan mempercepat pemulihan ekonomi," paparnya.

Bhima juga mengatakan langkah yang dilakukan Tito itu sangat tepat dilakukan tahun ini. Di tengah penurunan kasus Covid-19 memberikan kesempatan untuk pemulihan ekonomi.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi: Uangnya Rp1,2 Juta, Cukup Gak?

Jumat, 17 Juni 2022 | 12:14 WIB

Butuh 6 Jam untuk Setiap Kali Sendok Garam

Minggu, 5 Juni 2022 | 15:13 WIB
X