Hari Batik Nasional, Menpering: Menghormati Tradisi dan Kembangkan Industri Berbasis Batik

- Senin, 3 Oktober 2022 | 14:39 WIB
Ilustrasi. Rayakan Hari Batik Nasional 2022  (Pixabay.com/MahmurMarganti)
Ilustrasi. Rayakan Hari Batik Nasional 2022 (Pixabay.com/MahmurMarganti)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR – Indonesia baru saja merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada Minggu, (2/10/2022).

Batik itu sendiri sebagai salah satu bentuk warisan kebudayaan Bangsa Indonesia yang kemudian perayaannya diramaikan netizen dengan foto-foto menggunakan batik lalu dishare ke media sosial.

Adapun Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa memakai batik merupakan cara menghormati tradisi.

Baca Juga: Juventus Libas Bologna, Ini Klasemen Lengkap Serie A

Dilansir sumbatimur.victorynews.id dari Pikiran-Rakyat.com, Senin (3/10/2022) dengan judul “menperin agus gumiwang pakai batik memperkokoh perekonomian nasional”.

“Bagi saya pribadi, batik itu in my blood. Memakai batik merupakan cara kita menghormati tradisi juga mengembang kan industri kecil dan menengah berbasis batik. Dan tentu akan membantu memperkokoh perekonomian nasional,” kata Agus Gumiwang lewat keterangannya, Minggu (2/10/2022), dalam peringatan Hari Batik Nasional Tahun 2022 di Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Waspada Kanker Payudara, Ini Biayanya

Batik Indonesia diakui sebagai warisan budaya takbenda (intangible cultural heritage) UNESCO pada (2/10/2009), yang kemudian diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Batik Indonesia memiliki kaitan erat dengan gambaran adat istiadat serta budaya di berbagai wilayah. Hampir setiap daerah memiliki ciri khas motif, karakteristik, maupun warna batik dengan keunikan masing-masing.

Di samping itu, batik juga memiliki nilai seni yang tinggi sehingga sangat fashionable untuk digunakan dalam berbagai acara atau kegiatan baik resmi maupun kasual.

Halaman:

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CS BNI Akui Ada Transaksi Usai Kematian Brigadir J

Senin, 21 November 2022 | 14:06 WIB

Dua Aktris Diperiksa, Buntut Robot Trading Net89

Selasa, 8 November 2022 | 09:39 WIB

Lawadi Hilang Kabar, Begini Kondisinya Sekarang

Minggu, 6 November 2022 | 11:29 WIB
X