Wow, Ini Manfaat Minum Kopi Pagi Hari

- Jumat, 17 Juni 2022 | 23:49 WIB
Ragam manfaat menikmati secangkir kopi (DOKUMENTASI VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/MILIA DWIPUTRI)
Ragam manfaat menikmati secangkir kopi (DOKUMENTASI VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/MILIA DWIPUTRI)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Penikmat kopi wajib mengetahui ragam manfaat menyeduh kopi.

Tidak saja untuk meningkatkan energi yang seperti pada umumnya, penikmat kopi akan menikmati kopinya dipagi hari saat akan memulai aktivitasnya.

Hal ini karena didalam kopi terdapat kandungan kafein yang dapat mempengaruhi memori otak hingga memberikan banyak energi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Lantik 864 PNS Dalam Jabatan Fungsional

Dilansir sumbatimur.victorynews.id dari Pikiran-Rakyat.com Jumat (17/6/2022), dengan judul "minum kopi turunkan risiko kematian sebaiknya tak minum kopi kekinian".

Rendahnya risiko kematian juga berlaku bagi penikmat kopi yang menyukai gula sebagai pemanis untuk secangkir kopi yang mereka nikmati.

Baca Juga: Ini Imbauan bagi Jemaah Haji di Madinah dan Makkah

Penelitian ini menjadi sebuah pembahasan alot di kalangan para pakar kesehatan, pasalnya kini banyak orang yang salah kaprah dengan mengkonsumsi kopi dengan pemanis buatan tinggi sebagai gaya hidup sehat.

Padahal hal tersebut justru memicu timbulnya penyakit kronis seperti diabetes.

Berdasarkan penuturan dr Eric Goldberg, yang merupakan profesor kedokteran klinis di New York University, ia mengatakan gaya hidup yang dimaksud adalah orang-orang beramai-ramai gemar mengonsumsi varian kopi susu seperti kopi karamel, kopi latte, dan lainnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Kembali Naik, Presiden: Tetap Waspada

"Penelitian kami tidak akan ada artinya jika disandingkan dengan kopi berpemanis buatan dengan kadar gula yang sangat tinggi. Kopi Caramel Macchiato di Starbucks, misalnya. satu gelas kopi itu mengandung 25 gram gula, yang berarti lima kali lipat lebih banyak dari kadar gula yang dianjurkan untuk minum kopi agar tetap sehat,” ujar Goldberg.

Goldberg juga mengatakan bukan hanya varian karamel, melainkan semua varian kopi yang kini semakin banyak modifikasinya.

Baca Juga: Di Thailand Remaja Pengonsumsi Ganja, Dilarikan ke Rumah Sakit.

"Minuman lain yang mengandung banyak gula juga cenderung tinggi kalori dan lemak, yang dapat menghilangkan khasiat dari kopi itu sendiri. Misalnya, kopi latte, Frappuccino, dan kopi moka dengan tambahan krim kocok,” ujarnya.

Salah satu manfaat yang didapat bagi penikmat kopi alami adalah dapat terhindar dari penyakit parkinson, jantung diabetes tipe dua, kanker hati, prostat dan penyakit lainnya.

Ada pun letak khasiat dari kopi adlaah berada pada sifat antioksidan yang sangat tinggi, yang dapat mencegah dan menunda kerusakan sel di dalam tubuh manusia.

Baca Juga: Atasi Hama Belalang Kembara, Fraksi Golkar SBD Minta Pemerintah Manfaatkan Anggaran Ini

Meski memiliki segudang manfaat, mengkonsumsi kopi berlebihan berdampak buruk untuk kesehatan sehingga tidak disarankan minum kopi lebih dari tujuh cangkir per hari.

“Minum kopi baik untuk kesehatan tetapi jangan berlebihan, dua atau tiga cangkir per hari sudah cukup. Kami sarankan agar tidak melebihi tujuh cangkir,” ujar Goldberg. (Pikiran-Rakyat.com/Khoirunnisa Hidayat).***


Baca Juga: Kenaikan Tarif ke Puncak Borobudur Ditunda Pemerintah, Ini Penjelasan Menparekraf

 

 

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dikecam Netizen, Fuji Tutup Akun Sosmed

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:28 WIB

Netizen Sedih, Chelsea Olivia Cabut Gingsulnya

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:13 WIB

Dituding Selingkuh, Kuasa Hukum Sule: Tak Ada Saksi!

Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:53 WIB

Dituding Selingkuh, Sule Enggan Berkomentar

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:00 WIB
X