Miliki Masalah Obesitas? Kenali Operasi Bariatrik

- Jumat, 18 November 2022 | 02:07 WIB
Ilustrasi obesitas  (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)
Ilustrasi obesitas (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR – Operasi bariatrik adalah operasi yang dilakukan oleh pasien obesitas atau orang yang pada kondisi memiliki berat badan berlebihan.

Operasi bariatrik ini guna membatasi ruang tampung makanan di lambung.

Baca Juga: Wah Kemenparekraf Ungkap Rasa Syukur Penyelenggaraan KTT G20

Dilansir dari laman PMJ News sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang melakukan operasi bariatrik memiliki resiko yang sangat kecil untuk mengalami serangan jantung.

Studi Rutgers dipublikasikan di JAMA Network Open, melaporkan pasien obesitas yang menjalani operasi bariatrik hampir 50 persen lebih kecil kemungkinan mengalami kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Operasi bariatrik sendiri merupakan pembedahan yang dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: KTT G20 Berlancar, Jokowi Apresiasi Panitia Nasional

"Temuan ini memberikan bukti yang mendukung operasi bariatrik sebagai alat terapi yang efektif untuk menurunkan risiko tinggi penyakit kardiovaskular bagi individu tertentu dengan obesitas dan NAFLD," ungkap Director of the Center for Liver Diseases and Liver Masses Rutgers, Vinod K Rustgi, Jumat (18/11/2022).

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis data dari database asuransi kesehatan MarketScan Commercial Claims and Encounters dari 2007 hingga 2017.

Lebih lanjut, dari 230 juta individu yang tercakup, 86.964 orang dewasa berusia antara 18 dan 64 tahun yang mengalami obesitas dan teridentifikasi NAFLD.

Halaman:

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow Lada Hitam Kaya Manfaat, Simak Penjelasannya

Selasa, 29 November 2022 | 10:07 WIB

Simak Manfaat Madu Bagi Tubuh

Rabu, 23 November 2022 | 19:11 WIB
X