Sering Disepelehkan, Ini Bahaya Penggunaan Headphone!

- Jumat, 18 November 2022 | 17:44 WIB
Ilustrasi seseorang yang menggunakan headphone (Pexels)
Ilustrasi seseorang yang menggunakan headphone (Pexels)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR – Banyak orang lebih senang menggunakan headphone atau earphone karena lebih praktis saat bekerja ataupun beraktivitas.

Namun sayang penggunaan headphone ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Menurut sebuah studi headphone dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan pendengarannya akibat paparan musik yang didengarnya.

Baca Juga: Globe Soccer Awards Selesai Digelar, Benzema dan Ancelotti Bawa Pulang Piala Lagi

Dilansir dari laman PMJ News, WHO telah mengeluarkan imbauan agar anak muda lebih berhati-hati terkait kebiasaan mendengarkan mereka.

WHO juga mendesak pemerintah dan produsen untuk mengambil tindakan yang masif guna melindungi pendengaran anak muda di masa depan.

Analisis yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Global Health melihat data dari 33 studi yang diterbitkan dalam bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, dan Rusia, selama dua dekade terakhir yang mencakup lebih dari 19 ribu peserta berusia antara 12-34 tahun.

Baca Juga: Jarang Main di Real Madrid, Hazard Malah Masih Dipanggil ke Timnas: Ini Skuad Belgia di Piala Dunia Qatar

Dari tinjauan itu ditemukan 24 persen anak muda melakukan praktik mendengarkan yang tidak aman saat menggunakan headphone. Sementara 48 persen lainnya terpapar tingkat kebisingan yang tidak aman di tempat hiburan seperti konser atau klub malam.

Lebih lanjut dari laman Malay Mail, Jumat (18/11/2022), studi mengungkapkan  bahwa antara 670 ribu hingga 1,35 miliar anak muda berisiko mengalami gangguan pendengaran.

Halaman:

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow Lada Hitam Kaya Manfaat, Simak Penjelasannya

Selasa, 29 November 2022 | 10:07 WIB

Simak Manfaat Madu Bagi Tubuh

Rabu, 23 November 2022 | 19:11 WIB
X