Siklon Tropis Anika Menjauhi Wilayah Indonesia, BMKG Minta Masyarakat Tetap Waspada

- Minggu, 27 Februari 2022 | 14:25 WIB
ILUSTRASI Siklon Tropis Anika (Simulasi BMKG UMK Waingapu)
ILUSTRASI Siklon Tropis Anika (Simulasi BMKG UMK Waingapu)

VICTORY NEWS SUMBA TIMUR - Berdasarkan analisis dinamika atmosfir yang dilakukan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sabtu (26/2/2022) menunjukkan bahwa Badai Siklon Tropis Anika kini mulai bergerak menjauh dari wilayah perairan Indonesia.

Walau demikian BKMG tetap memperingatkan masyarakat khususnya di wilayah Provinsi NTT untuk tetap waspada terhadap adanya potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir.

Demikian informasi yang diterima sumbatimur.victorynews.id dari release resmi BMKG Sabtu (26/2/2022) yang ditandatangani Kepala Stasiun Metereologi Kupang, Agung Sudiono Abadi.

Baca Juga: Ini 3 Langkah untuk Turunkan Berat Badan Ala Korea

Dalam rilis tersebut diuraikan Siklon Tropis Anika terpantau di sebelah barat laut Australia dengan kondisi atmosfir saat ini sangat mendukung dalam peningkatan sistem.

Diantaranya adalag aktifnya gelombang atmosfir Madden Julian Oscilation (MJO), gelombang ER (Equatorial Rosbby) dan didukung pula oleh tingkat kelembaban udara di setiap lapisan atmosfir serta suhu di sekitar sistem tersebut yang hangat.

Karena itu berdasarkan data model prediksi BMKG menunjukkan pergerakan Siklon Tropis Anika bergerak menuju arah selatan dan tenggara yang semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga: Militer Rusia Gagal Penuhi Ekspektasi Putin di Hari Pertama Invasi ke Ukraina

Walau demikian, menurut BMKG bekeradaan sistem ini mempengaruhi cuaca di wilayah NTT yaitu meningkatkan kecepatan angin dan hujan mulai dari intensitas ringan hingga lebat yang terjadi secara sporadis dan dapat disertai dengan kilatan petir.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X