Kesempatan Bagi Mahasiswa Indonesia mengenyam Pendikan Luar Negeri sekaligus Mendapatkan Pengalaman Praktek

- Kamis, 19 Mei 2022 | 22:30 WIB
Ketua Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi, Hilda Cahyani (kemdikbud.go.id)
Ketua Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi, Hilda Cahyani (kemdikbud.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Ketua Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi, Hilda Cahyani pada taklimat media tentang IISMA Edisi Vokasi secara virtual di Jakarta, (18/5), mengatakan bahwa IISMA edisi Vokasi adalah salah satu langkah bagi mahasiswa vokasi Indonesia untuk mengenyam pendidikan di luar negeri sekaligus mendapatkan pengalaman praktik di industri.

Hilda Berharap program ini dalam jangka panjang diharapkan dapat menguatkan link and match antara pendidikan vokasi dan industri global.

Baca Juga: Jakarta vs Everybody, Jefri Nichol Akui Gugup Bersama Wulan Guritno

Ada tiga skema yang disiapkan dalam program IISMA Vokasi ini, yaitu: (1) Skema A, mahasiswa fokus untuk menjalani magang di industri; (2) Skema B, mahasiswa dapat menjalani magang di samping menjalani kuliah dengan pembagian waktu yang seimbang; dan (3) Skema C, mahasiswa fokus menjalani kuliah tetapi dengan materi yang terkait erat dengan dunia industri. Pada skema C ini, kelas juga diajar oleh praktisi dari industri.

Lebih lanjut Hilda menjelaskan melalui program ini diharapkan mahasiswa vokasi Indonesia siap belajar dan berperan di kancah global dengan pengalaman belajar di perguruan tinggi dan industri kelas dunia di luar negeri. Selain itu, interaksi internasional yang intensif dan pemahaman antar budaya (cross-culture understanding) dari berbagai negara juga akan menambah wawasan, mengasah komunikasi bahasa internasional serta memperluas jaringan atau networking.

Baca Juga: Bermitra Dengan 46 Perguruan Tinggi Luar Negeri Untuk Menerima Mahasiswa Vokasi Indonesia

Pada akhirnya, hal ini mampu berkontribusi pada peningkatan SDM Indonesia dalam rangka menyemai benih-benih kemajuan ekonomi karena terciptanya angkatan kerja yang andal. Kualitas SDM yang membaik, lanjut dia, juga akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan ekonomi negara sehingga bisa menguatkan aktivitas investasi.

“Pada dasarnya, semua ini berujung pada peningkatan kesejahteraan karena terjadinya perbaikan ekonomi yang memberi dampak positif,” ujarnya.

Baca Juga: Ternyata Mengidolakan Selebriti Secara Berlebihan Itu Berbahaya

Halaman:

Editor: Sepritus TM

Sumber: kemendikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Jadi Kepala Sekolah, Ini Aturannya

Minggu, 26 Juni 2022 | 07:01 WIB
X