BPK Berikan Predikat Opini WTP Atas Laporan Keuangan Kemenag

- Senin, 27 Juni 2022 | 22:10 WIB
BPK Berikan Predikat Opini WTP Atas Laporan Keuangan Kemenag (kemenag.go.id)
BPK Berikan Predikat Opini WTP Atas Laporan Keuangan Kemenag (kemenag.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tahun 2021. 

Hal itu diungkapkan Ketua BPK Isma Yatun saat menyerahkan secara langsung Laporan Hasil Pemeriksaan atas LKKA Tahun 2021 kepada Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas di Gedung BPK, Jakarta, pada Senin (27/06/2022).

"Opini tersebut didasarkan pada empat kriteria, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peranturan perundang-undangan, serta efektivitas sistem pengendalian internal," jelas Ketua BPK.

Dilansir dari laman kementrian Agama, Isma melanjutkan, capaian Opini WTP tersebut menunjukkan komitmen dan upaya nyata seluruh manajemen Kementerian Agama.

Dalam hal ini untuk mendorong perbaikan pengelolaan keuangan negara dengan menjalankan dan menerapkan praktek-praktek pengelolaan keuangan yang baik.

Lebih lanjut BPK juga memberikan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pinjaman Luar Negeri untuk Program Madrasah Education for Quality Reform oleh Kementerian Agama, serta Laporan Keuangan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) tahun 2021.

Merespon hal tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan rasa terima kasih kepada BPK RI yang telah menyelesaikan tugas pengawasan secara independen, berintegritas, serta profesional.

Menag juga menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kementerian Agama yang telah bekerja secara konsisten dalam mengelola keuangan negara.

"Dimulai dari proses perencanaan hingga pertanggungjawaban dilakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku dan standar akuntansi pemerintahan," ujar Gus Men sapaan akrabnya.

Lebih lanjut ia juga menambahkan pencapaian ini merupakan komitmen untuk berupaya menjaga dan menyajikan kualitas pengelolaan keuangan Kementerian Agama yang dilakukan secara tertib dan akuntabel.

Gus Men menegaskan, Kemenag akan terus melakukan upaya penyempurnaan dalam pengelola keuangan.

"Hasil pemeriksaan ini akan  menjadi faktor pendorong untuk terus melakukan penataan manajemen keuangan negara sehingga akan menjadi lebih baik lagi dari tahun ke tahun," ungkapnya.***





Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Sambut Kedatangan 237 Petugas Haji Daker Makkah

Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:36 WIB

62.721 Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X