Indonesia dan Jepang Memiliki Sejarah Yang Sama terkait Wastra

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:55 WIB
2 Wastra yang memiliki kesamaan antara Indonesia dan Jepang Yakni Kain Gringsing dan Kurume Kasuri (Kemdikbud.go.id)
2 Wastra yang memiliki kesamaan antara Indonesia dan Jepang Yakni Kain Gringsing dan Kurume Kasuri (Kemdikbud.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Indonesia dan jepang memiliki sejarah yang sama dalam urusan wastra yakni Kain Gringsing dan Kurume Kasuri hal ini teeungkap dalam diskusi lokakarya dalam Perhelatan budaya bertajuk Indonesian Diversity Festival: A Million Colours.

Penggiat pelestarian budaya sekaligus Ketua Yayasan Karacita, Rere Woelandari, yang bertindak selaku narasumber dalam kegiatan itu, bersama Perwakilan Shimogawa Kasuri Factory, Kyozo Shimogawa, berdiskusi dalam lokakarya ini. 

Keduanya memaparkan sejarah kedua wastra, dan sepakat menginginkan kerja sama erat ke depan guna mempromosikan dan melestarikan kedua jenis wastra yakni Kain Gringsing dan Kurume Kasuri yang termasuk unik dan langka di dunia.

Baca Juga: Mempertahankan Budaya Indonesia Dalam Bentuk Wastra Jadi Pesan Dubes RI Untuk Jepang

Sebelumnya, Rere menuturkan, Yayasan Karacitra Indonesia merupakan salah satu penerima manfaat Program Fasilitasi Bidang Kebudayaan yang diusung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan luaran buku “Keberlanjutan Mastro Tunun Gringsing” dan dokumentasi video yang diputar dalam kesempatan yang sama.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Republik Indonesia di Tokyo, Yusli Wardiatno, dalam kesempatan ini, menyampaikan bahwa pengenalan Kain Gringsing ini merupakan upaya diplomasi budaya yang efektif di Jepang, mengingat warga Jepang umumnya sangat menghargai karya budaya. 

“Apalagi wastra Indonesia ini mempunyai kesamaan dengan wastra tradisional Jepang yang ditemukan lebih kurang 200 tahun silam,” tutur Atdikbud Yusli.

Baca Juga: Penerimaan Pajak Capai Rp868,3 Triliun Hingga Akhir Juni 2022

“Antusiasme dan apresiasi masyarakat Jepang terhadap budaya tradisional Indonesia sangat tinggi. Kain Ginsring ini berasal dari Bali, dan umumnya wisatawan asal Jepang yang ke Indonesia memilih Bali sebagai destinasi wisata favorit. Maka, kegiatan ini sangat disambut baik. Diskusi yang terbangun pun dapat menjadi pembelajaran dua pihak dalam mengembangkan warisan budaya ini,” papar Yusli.

Halaman:

Editor: Sepritus TM

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Launching UIN KH. Abdurrahman Wahid, Ini Pesan Menag

Selasa, 27 September 2022 | 22:45 WIB

Susah BAB? Kenali Bahaya Konstipasi

Minggu, 25 September 2022 | 20:23 WIB

Kemenag Gelar Dialog Publik, Bahas RUU KUHP

Minggu, 25 September 2022 | 14:06 WIB

Ibu dan Ayah Berdongeng, Ini Manfaatnya Bagi Anak

Selasa, 20 September 2022 | 14:40 WIB

Begini Langkah Awal Waspada Kanker

Minggu, 18 September 2022 | 20:08 WIB

Waspada Hepatitis, Kemenkes Minta Lakukan Ini

Sabtu, 17 September 2022 | 18:23 WIB

Kemenag Susun Kurikulum Massive Open Online Course

Jumat, 16 September 2022 | 21:51 WIB
X