Implementasi Kurikulum Merdeka, Muatan Lokal Menjadi Mata Pelajaran Sendiri

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:16 WIB
Audiensi antara Kemendikbudristek dengan Pemkab Lima Puluh Kota membahas terkait dengan Implementasi Kurikulum merdeka (Kemdikbud.go.id)
Audiensi antara Kemendikbudristek dengan Pemkab Lima Puluh Kota membahas terkait dengan Implementasi Kurikulum merdeka (Kemdikbud.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek, Zulfikri menerima audiensi dari Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo.

Audiensi ini berlangsung di Kantor Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Salah hal yang dibahas terkait implementasi Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan dapat menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kearifan lokal atau karakteristik daerahnya melalui tiga opsi secara fleksibel. 

Baca Juga: Menyusul Pendaftaran PSE Kini Steam Bisa Kembali di Akses

Pertama, mengembangkan muatan lokal menjadi mata pelajaran sendiri seperti dilansir sumbatimur.victorynews.id dari laman kemdikbud.go.id.

kedua, mengintegrasikan muatan lokal ke dalam seluruh mata pelajaran; dan ketiga, melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Zulfikri mengatakan, dalam implementasi Kurikulum Merdeka ada ruang-ruang yang memang dialokasikan untuk kewenangan daerah memasukkan muatan lokal berdasarkan karakteristik dan kearifan lokal di daerahnya. 

Baca Juga: Ironis, Setelah Terima Penghargaan Anti Korupsi, Kepala Desa Ini Malah Korupsi

“Dan ruang itu cukup besar sebenarnya, karena pendidikan itu kan berakar pada budaya bangsa. Artinya semua kondisi budaya dan karakteristik daerah itu punya ruang yang cukup luas di dalam kurikulum,” ujarnya saat audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat, mengenai Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Budaya Alam Minangkabau dan Tahfiz Al-Qur’an. 

Halaman:

Editor: Sepritus TM

Sumber: Kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wah 80 UMK Terima Sertifikat Halal Selfdeclare

Kamis, 29 September 2022 | 23:07 WIB

Launching UIN KH. Abdurrahman Wahid, Ini Pesan Menag

Selasa, 27 September 2022 | 22:45 WIB

Susah BAB? Kenali Bahaya Konstipasi

Minggu, 25 September 2022 | 20:23 WIB

Kemenag Gelar Dialog Publik, Bahas RUU KUHP

Minggu, 25 September 2022 | 14:06 WIB
X