Menag Yaqut & Dubes Bahas Rencana Kunjungan Menteri Saudi dan Kuota Haji

- Senin, 12 September 2022 | 16:27 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas terima kunjungan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi di Kantor Kemenag (kemenag.go.id)
Menag Yaqut Cholil Qoumas terima kunjungan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi di Kantor Kemenag (kemenag.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi.

Pertemuan ini untuk membahas persiapan kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah.

Dilansir dari laman Kementrian Agama, menurut rencana kunjungan kali pertama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah ke Indonesia ini pada (23/10/2022).

Baca Juga: Persada Diterpa Isu Tidak Sedap, Askab Pastikan Itu Hanya Isu

"Saya sangat konsen dengan rencana kedatangan Menteri Haji dan Umrah, karena ini kunjungan pertamanya secara resmi ke Indonesia," ujar Syekh Essam bin Abed Al Taqafi, Senin (12/9/2022).

Ia juga berharap kedatangan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi ini mendapat sambutan yang istimewa serta berjalan dengan baik dan tentunya kunjungan ini akan membahas penambahan kuota jemaah haji Indonesia.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam pertemuan tersebut mengatakan Kemenag akan secara maksimal mempersiapkan kunjungan Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi ke Indonesia.

Baca Juga: Tekuk Mallorca, Real Madrid Ambil Alih Klasemen La Liga

"Kami juga akan meneruskan surat permohonan untuk bisa bertemu dengan Presiden Joko Widodo di sela-sela kunjungan Menteri Haji dan Umrah," kata Menag.

Disampaikan Menag, pertemuan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dengan Presiden Joko Widodo masih tentatif dan menunggu kepastian dari Sekretariat Negara.

Baca Juga: Ternyata Kasus Penipuan YL Sudah Diketahui Lama Oleh PDIP, Cuma

Menag menambahkan saat melaporkan pelaksanaan ibadah haji kepada Presiden baru-baru ini, Presiden juga sempat menanyakan soal penambahan kuota haji.

"Presiden menanyakan apakah penambahan kuota haji ini sudah dibicarakan dengan Menteri Haji dan Umrah. Nah, saya kira ini pintu masuk yang baik untuk menjadwalkan Presiden bisa bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi," kata Menag.

Baca Juga: Sikapi Polemik Gereja Cilegon, Menag: Kita akan Diskusikan Solusinya dengan Wali Kota dan Tokoh Masyarakat

Menag menjelaskan salah satu konsen Presiden Joko Widodo terkait hubungan Indonesia dengan Arab Saudi bukan hanya soal haji saja melainkan juga ekosistem soal perhajian.

Baru-baru ini Menteri Perdagangan Indonesia berkunjung ke Saudi yang tidak hanya membahas soal perdagangan melainkan juga terkait pelayanan jemaah haji Indonesia.***

 

 

Baca Juga: Babak Baru Kasus Brigadir J, Komnas HAM Minta Hukuman Berat untuk Sambo Dkk

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Putra-Putri TTS Padati Gor di Denpasar Bali

Selasa, 24 Januari 2023 | 02:15 WIB

Pemkab TTS Beri Peringatan Bagi Warga TTS di Bali

Selasa, 24 Januari 2023 | 02:07 WIB

Ini Kesan Natal yang Paling Diingat Seumur Hidup

Selasa, 24 Januari 2023 | 02:01 WIB
X