Begini Langkah Awal Waspada Kanker

- Minggu, 18 September 2022 | 20:08 WIB
Ilustrasi virus (iStock)
Ilustrasi virus (iStock)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Penyakit kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang mematikan.

Kanker sendiri ditakuti dan sangat diwaspadai diberbagai belahan dunia.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui sejak awal bagaimana gejala kanker dan memeriksanya sejak dini.

Dilansir dari laman PMJ News sebuah studi terbaru menemukan tes darah sederhana dapat menemukan beberapa jenis kanker pada pasien sebelum mereka mengembangkan gejala yang jelas.

Baca Juga: SMAK St Josef Freinademetz Gelar Lomba Cerdas Cermat Alkitab, Cek Juaranya di Sini

Studi Pathfinder melakukan tes darah kepada lebih dari 6.600 orang dewasa berusia 50 tahun ke atas. Studi juga mendeteksi lusinan kasus penyakit baru. Banyak kanker berada pada tahap awal dan hampir tiga perempatnya adalah bentuk yang tidak diperiksa rutin.

Ini adalah pertama kalinya hasil dari tes Galleri, yang mencari DNA kanker dalam darah, telah dikembalikan ke pasien dan dokter mereka. Hal ini berguna untuk memandu penyelidikan kanker dan perawatan yang diperlukan.

Tes Galleri telah digambarkan sebagai 'pengubah permainan' potensial oleh National Health Services (NHS) England, yang akan melaporkan hasil dari percobaan besar yang melibatkan 165 ribu orang tahun depan.

Baca Juga: Sempat Dirawat, Ketua Dewan Pers Akhirnya Meninggal Dunia: Disebut Gara-Gara Covid 19

Dokter berharap tes ini akan menyelamatkan nyawa dengan mendeteksi kanker cukup dini agar operasi dan pengobatan menjadi lebih efektif, tetapi teknologinya masih dalam pengembangan.

"Saya pikir apa yang menarik dari paradigma dan konsep baru ini banyak di antaranya adalah kanker yang tidak memiliki skrining standar," ujar peneliti di Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering New York, Dr Deb Schrag seperti dilansir The Guardian, Sabtu (17/9/2022).

Dalam studi Pathfinder, 6.621 orang dewasa berusia 50 tahun ke atas melakukan tes darah Galleri. Untuk 6.529 sukarelawan, tesnya negatif, tetapi menandai potensi kanker di 92.

Baca Juga: Prediksi dan Jadwal 16 Besar ETMC, Tim Calon Juara PSN Ngada Hingga PS Malaka Punya Kans Lolos

Tes lebih lanjut mengkonfirmasi tumor padat atau kanker darah pada 35 orang, atau 1,4 persen dari kelompok studi. Tes tersebut menemukan dua kanker pada seorang wanita yang memiliki tumor payudara dan endometrium.

Selain melihat adanya penyakit, tes ini memprediksi di mana kanker itu berada, memungkinkan dokter untuk melacak dengan cepat pekerjaan tindak lanjut yang diperlukan untuk menemukan dan mengkonfirmasi kanker.

"Sinyal asal sangat membantu dalam mengarahkan jenis pekerjaan. Ketika tes darahnya positif, biasanya butuh waktu kurang dari tiga bulan untuk menyelesaikan pemeriksaan," ujar Schrag.

Tes tersebut mengidentifikasi 19 tumor padat di jaringan seperti payudara, hati, paru-paru dan usus besar. Tes juga menemukan kanker ovarium dan pankreas, yang biasanya terdeteksi pada tahap akhir dan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang buruk.

Baca Juga: Prediksi dan Line Up: Roma Bakal Kesulitan Kalahkan Atalanta Meski Masih Punya Dybala

Kasus lainnya adalah kanker darah. Dari total 36 kanker yang terdeteksi, 14 adalah stadium awal dan 26 adalah bentuk penyakit yang tidak diperiksa secara rutin.

Analisis lebih lanjut menemukan tes darah negatif untuk 99,1 persen dari mereka yang bebas kanker, yang berarti hanya sebagian kecil orang sehat yang salah menerima hasil positif.

Sekitar 38 persen dari mereka yang dites positif ternyata mengidap kanker. Schrag mengatakan, tes itu belum siap untuk skrining di seluruh populasi dan bahwa orang harus melanjutkan dengan skrining kanker standar sementara teknologinya ditingkatkan.

"Tapi ini masih menunjukkan sekilas tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan dengan pendekatan yang sangat berbeda untuk skrining kanker," ujarnya.

Baca Juga: Persewa Waikelo Pesta Gol ke Gawang Karyawati FC, Hambers FC Tundukkan Lambada FC dan Pimpin Grup D

Hasil uji coba Pathfinder memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang seberapa sering kanker ditemukan dengan tes darah ini pada orang yang belum pernah didiagnosis sebelumnya.***

 

 

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat Ini Manfaat Konsumsi Madu 2 Sendok Sehari

Jumat, 25 November 2022 | 18:32 WIB

Resmi Membuka Pospenas IX, Begini Pesan Menag

Kamis, 24 November 2022 | 15:05 WIB

Wow Kanwil Kemenag Bali Raih Itjen Award 2022

Rabu, 23 November 2022 | 19:25 WIB
X