Dubes RI Untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra Meninggal Dunia

- Jumat, 13 Mei 2022 | 12:54 WIB
Duta Besar (Dubes) RI untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra/instagram/indonesiainkyiv
Duta Besar (Dubes) RI untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra/instagram/indonesiainkyiv

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Berita duka dari Duta Besar (Dubes) RI untuk Ukraina, Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia.

Almarhum Ghafur Akbar menghembuskan napas terakhirnya di Rs Medistra Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Juru bicara Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah menyampaikan Ghafur meninggal di usia yang ke 58 tahun karena sakit.

Baca Juga: Polres Sumba Timur Panggil Lagi 4 Warga Desa Ngaru Kanoru

Dilansir sumbatimur.victorynews.id dari Pikiran-Rakyat.com Jumat (13/5/2022) dengan judul "Duta besar Indonesia untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra Meninggal Dunia".

Kabar duka ini disampaikan oleh KBRI Kiev melalui akun Instagram-nya, pada Jumat pagi, 13 Mei 2022.

“Innalillahi wa inna ilaihi rooji'uun. Telah berpulang ke Rahmatullah, Bapak Ghafur Akbar Dharmaputra, Duta Besar LBBP RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia pada Kamis Malam, 12 Mei 2022 Di RS Medistra Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Semoga Almarhum Husnul Khotimah, diterima semua amal ibadahnya, dan diampuni semua dosanya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” tulis akun Instagram @indonesiainkyiv sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Baca Juga: Indah Permatasari Umumkan Kehamilan Anak Pertama : So happy and feel blessed!

Jenazah Ghafur Akbar Dharmaputra saat ini tengah di semayamkan di Rumah Emir Firdaus, Perumahan Admiralty Kav. B16, Jl. Fatmawati Raya No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Rencananya, jenazah akan disholatkan usai sholat Jumat siang ini.
Atas kepergian Ghafur Akbar Dharmaputra, Keluarga Besar KBRI Kyiv menyampaikan duka mendalam. Ghofur dinilai sebagai sosok pemimpin yang baik, amanah dan penuh tanggung jawab.

“Teladan dan kebaikan yang beliau tunjukkan akan senantiasa kami kenang. Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa'afihi Wa'fu'anhu,” demikian tulis keterangan dalam foto yang diunggah Instagram @indonesiainkyiv.

Baca Juga: Pencurian dengan Kekerasan Marak di Waingapu, Masyarakat Diimbau Waspada

Duta Besar RI Kazakhstan dan Tajikistan, Fadjroel Rachman juga turut mengucapkan belasungkawa atas kepergian Ghafur Akbar Dharmaputra yang disampaikan melalui akun Twitter miliknya.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun wafat Dubes RI untuk Ukraina HE Ghafur Akbar Dharmaputra, pukul 21.50 WIB di Jakarta. Keluarga Besar KBRI Nur-Sultan @nursultan_kbri sangat berduka cita," ujar Fadjroel Rachman seperti dilihat Pikiran-Rakyat.com, Jumat, 13 Mei 2022.

Baca Juga: Simak Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Hepatitis Misterius Pada Anak

Ghofur sebelumnya dilantik oleh Presiden Jokowi pada 17 November 2021 bersama bersama 11 Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) RI lainnya.

Sebelum menjadi Dubes RI untuk Ukraina, Ghafur juga sempat menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).(Yudianto Nugraha/Pikiran Rakyat).***

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Achmad Yurianto Sangat Dekat dengan Ibunya

Minggu, 22 Mei 2022 | 22:19 WIB

Inilah Biografi Achmad Yurianto!

Sabtu, 21 Mei 2022 | 22:22 WIB

Jokowi Mengaku Terpaksa Tekan Produsen Besar

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:41 WIB
X