Dua Wisatawan Tenggelam di Pelabuhan Ratu, Satu Korban Hilang

- Senin, 16 Mei 2022 | 09:10 WIB
Ilustrasi wisatawan tenggelam/capture/google/ruang.pers
Ilustrasi wisatawan tenggelam/capture/google/ruang.pers

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Sedang asik berenang di Pantai Citepus dua wisatawan tenggelam, Minggu (15/5/2022).

Dari kejadian tersebut satu korban berhasil diselamatkan dan masih dalam upaya pencarian.

Menurut Kepala SAR Jakarta saat ini mereka tengah mengarahkan dua tim untuk menjadi korban yang hilang.

Baca Juga: Temui MBZ, Jokowi Sampaikan Dukacita Atas Wafatnya Sheikh Khalifa

Dilansir sumbatimur.victorynews.id dari Pikiran-Rakyat.com Senin (16/5/2022) dengan judul "Dua wisatawan tenggelam di pantai palabuhanratu satu diantaranya masih belum ditemukan".

Menurut Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR, Hendra Sudirman, dua wisatawan yang tenggelam itu merupakan laki-laki dan hanya satu wisatawan yang berhasil diselamtakan, sementara satu lainnya sedang dalam proses pencarian.

“Wisatawan yang berhasil diselamatkan Riki Irawan (37) dan satu korban lainnya yang belum ditemukan serta masih dalam pencarian tim SAR gabungan yakni, Dandi Taufik (26),” ucap Hendra.

Baca Juga: Peringati 15 Mei Hari Nakba, Pembersihan Etnis Palestina 1948

Hendra mengatakan, hingga saat ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian dengan membentuk dua tim untuk mencari wisatawan yang hilang akibat tenggelam tersebut.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Antaranews, tim pertama melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet di laut dengan luas areal pencarian hingga 2 Nm2.

Kemudian tim kedua, menyisir jalur darat disepanjang bibir pantai hingga radius 4 km, namun hingga Minggu malam ini, korban masih belum ditemukan.

Baca Juga: Tekan Angka Perilaku Depresi, Mensos Risma Tegaskan Rasa Kebersamaan

Menurut informasi tim SAR, kejadian tersebut bermula ketika korban, yakni Dandi Taufik sedang berenang dan ia tidak sadar bahwa dirinya berenang sudah jauh dari bibir pantai, ia pun baru tersadar setelah ombak menghempaskan tubuhnya, dengan segera ia meminta pertolongan kepada kerabatnya Riki.

Riki yang melihat Dandi meminta tolong dengan sigap mencoba menyelamatkan, namun naas bukannya berhasil membantu, ia malah ikut terseret ombak dan tenggelam.

Petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu yang berada di lokasi kejadian, langsung melakukan penyelamatan.

Baca Juga: Temui Jokowi, Harga Kaos Elon Musk membuat 'Salfok'

Tapi sayangnya hanya Riki yang berhasil diselamatkan, sementara Dandi tubuhnya dinyatakan hilang tenggelam setelah badannya dihantam ombak besar yang diduga terseret arus bawah laut.

Dalam penyirisan ini dilakukan oleh tim SAR gabungan yang berasal dari Basarnas Pos SAR Sukabumi, Satpolairud Polres Sukabumi, Pos TNI AL Palabuhanratu, Damkar dan BPBD Kabupaten Sukabumi, Balawista serta dibantu relawan potensi SAR lainnya serta masyarakat.

Hendra menambahkan, karena hari sudah malam dan gelap, pencarian dilanjutkan pada hari Senin. Namun masih ada beberapa tim SAR yang masih berjaga di lokasi kejadian untuk mengantisipasi adanya tubuh korban yang muncul ke permukaan.

Baca Juga: Sikapi Wabah PMK, Kapolres Lumajang Dorong Pemkab Lockdown Pasar Hewan

“Karena hari sudah malam dan gelap maka pencarian dilanjutkan pada besok atau Senin (16/5). Namun demikian, sejumlah personel SAR masih berada di lokasi untuk memantau kondisi laut antisipasi tubuh korban muncul ke permukaan laut dan bisa segera di evakuasi,” ucapnya.

Ia juga mengimbau untuk para wisatawan yang berwisata ke pantai selatan ini agar mematuhi rambu-rambu dan peringatan dari petugas seperti tidak berenang di lokasi rawan. (Astri Lestari/Pikiran Rakyat).***

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siang Ini, Bharada E Diperiksa Komnas HAM

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:03 WIB

Diamankan KPK, Kantor Bupati Pemalang Disegel

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:38 WIB

Sidang Perdana, Indra Kenz Hadir Secara Virtual

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:01 WIB
X