Inilah Biografi Achmad Yurianto!

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 22:22 WIB
Achmad Yurianto/Instagram
Achmad Yurianto/Instagram

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Mantan Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Achmad Yurianto meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker usus.

Achmad Yurianto dikenal baik di dunia televisi karena memberikan update covid setiap harinya.

Kendati demikian tak banyak yang tau back ground pendidikan dan masa muda Achmad Yurianto.

Baca Juga: Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Achmad Yurianto Tutup Usia

Dilansir sumbatimur.victorynews.id dari Pikiran-Rakyat.com Sabtu (21/5/2022) dengan judul "profil achmad yurianto mantan jubir penanganan covid-19 yang meninggal usai menderita kanker".

Sebelum diangkat menjadi Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menjabat sebagai Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan.

Berikut adalah profil Achmad Yurianto dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman BPJS-Kesehatan.

Baca Juga: Sukses Memerankan 'Inggid', Reza Rahardian: She's Cute!

Achmad Yurianto lahir di Malang pada 11 Maret 1962. Dia merupakan seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Jawa Timur.

Selama berkuliah, Achmad Yurianto aktif dalam organisasi dan dipercaya menjadi Komandan Resimen Mahasiswa Unair tahun 1986 hingga 1988.

Selepas kuliah, Achmad Yurianto melanjutkan karier dengan menjadi dokter militer. Pada tahun 1987, dia bergabung menjadi Perwira Pertama Kesehatan Daerah Militer V Brawijaya.

Baca Juga: Sukses Memerankan 'Inggid', Reza Rahardian: She's Cute!

Pada tahun 1991, Achmad Yurianto mengabdi di Kesehatan Daerah Militer IX Udayana Bali. Achmad Yurianto juga dipercaya menjadi dokter di bekas wilayah Indonesia, Lospalos, Timor Timur.

Pada tahun 2008, Achmad Yurianto dipercaya dan diangkat menjadi Wakil Kepala RS tingkat II Dustira, Cimahi, Jawa Barat, karena kariernya yang baik sebagai dokter militer.

Achmad Yurianto kemudian menjadi Wakil Kepala Kesehatan Daerah Militer IV Diponegoro Semarang. Pada tahun 2011, dia menjadi Kepala Dinas Dukungan Kesehatan Operasi Pusat Kesehatan TNI.

Baca Juga: Ingin Nonton Formula E Jakarta, Ini Uang yang Harus Dikeluarkan untuk Mendapatkan Tiketnya

Pada tahun 2014, Achmad Yurianto bergabung ke Kementerian Kesehatan. Achmad Yurianto diangkat menjadi Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Dia juga menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan. Pada 9 Maret 2020, dia menjabat sebagai Direktur Jenderal P2P Kemenkes RI.

Saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Achmad Yurianto ditunjuk Jokowi sebagai Juru Bicara Pemerintah pada Lembaga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca Juga: Kunjungi Pasar Muntilan, Jokowi Cek Langsung Harga Minyak Goreng

Di sana, Achmad Yurianto ditugaskan untuk memberitakan dan menginformasikan perkembangan Covid di Indonesia. Tanggung jawab itu diembannya sampai 22 Februari 2021.

Achmad Yurianto kemudian ditunjuk Jokowi sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan 2021–2026. (Raider Satria Paulus/Pikiran Rakyat).***





Editor: Milia Dwiputri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X