Ajukan Diri Sebagai JC, LPSK Tegaskan Perlindungan untuk Bharada E

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:45 WIB
Bharada E (Bonsernews.com/Istimewa)
Bharada E (Bonsernews.com/Istimewa)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Misteri baku tembak yang menewaskan Brigadir J terus bergulir.

Update terbaru melalui pengacaranya Bharada E ungkap kini siap menjadi justice collaborator untuk membuat titik terang kematian sahabatnya.

Setelah menjadi justice collaborator, Bharada E meminta perlindungan LPSK agar dirinya merasa akan karena sebelumnya Bharada E sempat merasa tertekan.

Baca Juga: Pengisian Posisi MenPANRB Tunggu Keputusan Megawati

Dilansir sumbatimur.victorynews.id dari Pikiran-Rakyat.com Selasa (9/8/2022) dengan judul "terkuak ternyata ini alasan bharada e ajukan diri jadi justice collaborator".

"Di Bareskrim pukul 10.00 WIB," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi kepada wartawan saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis di Jakarta, Selasa pagi.

Selain bertemu Richard, LPSK akan bertemu penyidik Bareskrim Polri guna berkoordinasi mengenai JC tersebut.

Sebelumnya, pada (12/7/2022) Kompolnas Poengky Indarti menyarankan perlindungan terhadap Bharada E dan istri dari Ferdy Sambo.

Baca Juga: Waduh Harga Mie Naik 3 kali Lipat, Mentan: Pemda Tingkatkan Produktivitas Pertanian!

Pengacara Bharada E saat itu, Andreas Nahot Silitonga mengajukan permohonan perlindungan saksi ke LPSK, namun penyidik Bareskrim menetapkan status Bharada E menjadi tersangka pada (3/8/2022).

"Kalau ditetapkan sebagai tersangka, LPSK tidak ada kewenangan lagi memberikan perlindungan,” kata Ketua LPSK, Hasto A Suroyo dikutip dari Antara.

Namun LPSK secara tegas meminta agar Bharada E dilindungi terhadap intervensi yang mungkin terjadi pasca ditetapkan menjadi tersangka.

"Tujuannya supaya tidak ada intervensi dari pihak manapun untuk menekan keterangan-keterangan beliau," ujar Hasto.

Hasto juga menyatakan ada peluang yang Bharada E bisa ambil untuk mendapatkan perlindungan asalkan dia mau menjadi saksi pelaku atau justice collaborator.

Baca Juga: Sumba Timur Lakukan Uji Coba Pendaftaran Identitas Digital

“Kecuali yang bersangkutan bersedia menjadi justice collaborator atau pelaku yang bekerja sama dalam mengungkap kasus," ungkap dia.

Lantas Bharada E melalui pengacara barunya, Muhammad Burhanuddin mengajukan justice collaborator sesuai persyaratan yang LPSK ungkapkan.

"Tadi kami sudah ke LPSK. Sudah memasukkan permohonan pengajuan justice collaborator dan permohonan kami sudah diterima oleh pihak LPSK," kata Burhanuddin, Kamis.

Baca Juga: Jelang Survei ke Polres, Ombudsman Kunjungi Inspektur Pengawasan Polda NTT

"Jadi, harapannya, bisa diterima permohonan justice collaborator-nya dan dilindungi oleh LPSK," lanjut dia.

Diwaktu yang sama LPSK juga akan melakukan pemeriksaan asesmen terhadap istri Ferdy Sambo atau Putri Candrawathi (PC) di kediaman pribadinya hari ini.

"Iya kami agendakan (pemeriksaan PC) besok (Selasa). Kami akan kunjungi, mungkin di rumahnya," ujar Edwin. Pikiran-Rakyat.com/Saepulloh Hidayat.***

 

 

Baca Juga: Kunjungi Kalbar, Ini Agenda Presiden Jokowi

 

 

Halaman:

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X