Tegas, Komnas HAM Tetap Minta Polri Lakukan Pemeriksaan Uji Balistik Senjata dan Karakter Peluru

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:55 WIB
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyebutkan pihaknya akan lakukan koordinasi dengan Mabes Polri terkait uji balistik senjata dan karakter peluru. (Dok. komnasham.go.id)
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyebutkan pihaknya akan lakukan koordinasi dengan Mabes Polri terkait uji balistik senjata dan karakter peluru. (Dok. komnasham.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Sesuai dengan jadwal yang disepakati antara Komnas HAM dan Puslabfor Mabes Polri, hari ini Rabu (10/8/2022) adalah jadwal pemeriksaan uji balistik.

Pemeriksaan uji balistik ini menurut Komnas HAM penting untuk mengetahui karakter senjata dan peluru yang digunakan dalam kasus penembakan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Baca Juga: 31 Anak Hadiri Bulan Timbang Agustus 2022 di Posyandu Sukacita

Komnas HAM sendiri mengapresiasi langkah dan temuan Timsus Mabes Polri yang sudah memastikan tidak ada tembak menembak sesama polisi di lokasi, dan yang terjadi adalah penembakan terhadap Brigadir J.

"Harusnya agenda hari ini itu soal balistik. Balistik itu akan terkait soal senjata, karakter senjata, peluru, dan sebagainya," ujar Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di kantornya kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dikutip sumbatimur.victorynews.id dari PMJ News.

Baca Juga: Ratu Wulla Talu: Stunting Akan Buat Kita Kehilangan Generasi Emas

Anam menegaskan pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan terhadap tim Puslabfor Mabes Polri terkait balistik untuk membangun konstruksi perkara.

"Bagi Komnas HAM, itu putusan dari teman-teman penyidik bahwa tidak ada tembak-menembak, tapi itu penembakan. Kita akan cek, di balistik ini macam-macam, tidak hanya soal tembakan, tapi juga bagaimana konstruksi peristiwanya, pelurunya, proyektil, dan sebagainya," ucapnya.

Baca Juga: Ini Pangkat 11 Anggota Polri yang Ditempatkan di Tempat Khusus, dari AKP hingga Bintang Dua

Selanjutnya, menurut Anam, hasil uji balistik ini nantinya akan dicocokkan dengan luka yang ada di tubuh Brigadir J.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X