Ungkap Tragedi Kanjuruhan, Menko Polhukam Tegaskan Pihaknya Sudah Bentuk Tim Independen Pencari Fakta

- Senin, 3 Oktober 2022 | 23:34 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (foto tangkapan layar)
Menko Polhukam Mahfud MD (foto tangkapan layar)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR – Tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022), hingga saat ini masih menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia.

Bahkan seluruh media sosial terus menyuarakan pengusutan konflik di Stadion Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan jiwa tumbang dalam kerusuhan tersebut.

Baca Juga: Kapolsek Kebayoran Lama Ungkap Baim Wong Telah Meminta Maaf

Presiden Joko Widodo juga turut memerintahkan jajarannya agar tak segan-segan memberikan sanksi tegas bagi pihak-pihak yang terlibat dan terbukti salah.

Lebih lanjut, dilansir dari Laman Sekretariat Kabinet, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md, mengatakan bahwa pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) untuk mengungkap tragedi Kanjuruhan secara tuntas.

Baca Juga: Buntut Kericuhan di Kanjuruhan, Kapolres Malang Diganti: Ini Nama Kapolres Penggantinya

Tim ini akan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam yang keanggotaannya akan ditetapkan paling lama dalam 24 jam ke depan.

Menko Polhukam menjelaskan bahwa tim ini akan terdiri atas pejabat/perwakilan kementerian terkait, organisasi profesi olahraga sepak bola, pengamat, akademisi, dan media massa.

“Nanti akan diumumkan secepatnya. Itu yang tugasnya kira-kira akan bisa diselesaikan dalam dua-tiga minggu ke depan,” ujar Mahfud, Senin (03/10/2022)

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan bahwa untuk langkah jangka pendek pemerintah meminta Polri agar dalam beberapa hari ke depan segera mengungkap pelaku yang terlibat tindak pidana.

Halaman:

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X