Menko Polhukam Ungkap Pemerintah akan Berikan Santunan bagi Korban Tragedi Kanjuruhan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 13:46 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterang pers terkait hasil Rakorsus Tragedi Sepak Bola di Kanjuruhan, Senin (03/10/2022), di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. (Sumber: Tangkapan Layar) (setkab.go.id)
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterang pers terkait hasil Rakorsus Tragedi Sepak Bola di Kanjuruhan, Senin (03/10/2022), di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. (Sumber: Tangkapan Layar) (setkab.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022), menyisakan duka mendalam dengan ratusan korban yang tumbang akibat tindakan represif aparat kepolisian.

Hingga saat ini pemerintah terus berupaya untuk memperhatikan korban-korban yang berjatuhan hingga optimis mengusut tuntas kejadian di Stadion Kanjuruhan.

Lebih lanjut pemerintah juga akan memberikan santunan sebesar Rp50 juta kepada korban yang meninggal dunia.

Baca Juga: Jenazah Sekda Provinsi NTT Tiba di Bandara UMK Waingapu

“Presiden akan memberikan santunan untuk masing-masing korban atau keluarga korban itu Rp50 juta dan akan segera dieksekusi dalam sehari – dua hari ini,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD, dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Senin (03/10/2022).

Mahfud menambahkan, santunan akan segera disalurkan setelah pemerintah mencocokkan terlebih dahulu data-data administratif dengan pemerintah daerah (pemda) serta lembaga terkait lainnya.

“Mudah-mudahan itu dilihat sebagai tanda empati dan kehadiran negara, tidak dilihat jumlahnya, tapi empati Kepala Negara dan kehadiran negara,” ujar Mahfud.

Baca Juga: Dinyatakan Hilang, Ini Fakta dan Biodata Sebastian Bokol

Terkait korban yang luka-luka, Menko Polhukam menegaskan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan memberikan perawatan dan pengobatan dengan biaya ditanggung oleh negara.

“Beban biaya pengobatan dan perawatan gratis tersebut dapat dikoordinasikan dengan pemda setempat. Nanti kita lihat yang sudah dibayar itu siapa, yang belum terbayar itu siapa, tinggal dikoordinasikan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X