Bupati SBD Janji Siapkan Titik Pengambilan Pasir Laut

- Jumat, 28 Januari 2022 | 19:22 WIB
Bupati SBD, Kornelis Kodi Mete (kiri) berdialog dengan sejumlah warga usai penanaman pohon di Pantai Mananga Aba. VN/Frengky Keban
Bupati SBD, Kornelis Kodi Mete (kiri) berdialog dengan sejumlah warga usai penanaman pohon di Pantai Mananga Aba. VN/Frengky Keban

SUMBA TIMUR VICTORYNEWS - Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelius Kodi Mete berjanji akan menyiapkan titik-titik pengambilan pasir laut di wilayah Kabupaten SBD. Penentuan titik pengambilan pasir ini untuk mengatasi ancaman abrasi.

Bupati Kornelis menyampaikan hal ini saat ditanya wartawan terkait adanya ancaman abrasi di sejumlah pantai di Kabupaten SBD usai mengikuti kegiatan penanaman pohon di Pantai Mananga Aba, Kecamatan Loura Jumat (21/1/2022).

Baca Juga: Gelar Pameran Bukti Keseriusan PLN Terhadap Pertumbuhan UMKM

Dirinya mengungkapkan upaya ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap kerusakan pantai yang semakin masif. Kerusakan ini sebutnya, kini sudah menyasar ke pantai-pantai yang menjadi tujuan tempat wisata sehingga sangat memprihatinkan.

"Kita mulai dengan penanaman pohon yang prinsipnya untuk menyadarkan masyarakat untuk terus menjaga lingkungan pantai kita seperti di Mananga Aba ini," katanya.

Baca Juga: 25 Persen Remaja Putri di Indonesia Mengalami Anemia

Dokter Kornelis menambahkan pemerintah akan segera menyiapkan petunjuk teknis pengambilan pasir jika memang sangat dibutuhkan. Teknis pointnya adalah soal lokus pengambilan pasirnya dimana.

"Saya berharap nanti lokus yang dipilih itu bisa mengakomodir tiga wilayah ini," tambahnya.

Baca Juga: Berkelakuan Baik, 26 Napi di Lapas Waikabubak Terima Asimilasi

Saat ditanya soal pemberian sanksi bagi para pihak yang masih mengambil pasir pasca Juknis itu dikeluarkan, Bupati Nelis secara tegas menyebut hal itu bisa diberlakukan sebagai bentuk penyadaran.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Tags

Terkini

Kabupaten Sumba Barat Resmi Canangkan BIAN

Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:29 WIB

TJPS Diharapkan Bisa Hasilkan Petani Mandiri 

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:47 WIB

Terduga Korban Kawin Tangkap Minta Maaf

Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:50 WIB
X