Antisipasi PMK, Dinas Peternakan SBD Tutup Sementara Akses Masuk Hewan Ke SBD

- Selasa, 17 Mei 2022 | 11:25 WIB
Kepala Dinas Peternakan SBD, Oktavianus Dapadeda saat memimpin rapat antisipasi PMK di SBD. (Dokumentasi Dinas Peternakan SBD)
Kepala Dinas Peternakan SBD, Oktavianus Dapadeda saat memimpin rapat antisipasi PMK di SBD. (Dokumentasi Dinas Peternakan SBD)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Kepala Dinas Peternakan SBD, Oktavianus Dapadeda menegaskan pihaknya telah dan akan menutup sementara akses masuk hewan ke wilayah tersebut.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang kini sedang mewabah di Indonesia.

Penegasan ini, disampaikannya kepada sumbatimur.victorynews.id, Selasa (17/5/2022) siang.

Baca Juga: Plt Kadis Kesehatan SBD Pastikan Pihaknya Akan Berpartispasi Dalam BIAN

Oktavianus Dapadeda mengaku keputusan itu diambil sebelum kasus PMK ditetapkan jadi wabah secara Nasional.

Bahkan dikatakannya pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Provinsi untuk mendapatkan petunjuk teknis lebih lanjut.

"Karena terkait distribusi hewan antar kabupaten lintas provinsi itu kewenangan Provinsi. Dan keputusan menutup akses ini walaupun belum ditetapkan dalam bentuk formal tapi kami sudah lakukan itu secara informal dengan tidak menerima melayani rekomendasi peredaran hewan dari Bali dan NTB," kata Oktavianus Dapadeda.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Airlangga Hartarto Berkapasitas dan Bertanggung Jawab Besar

Untuk mempertegas hal itu, kata Oktavianus Dapadeda lagi, kini pihaknya sedang mempersiapkan Instruksi Bupati terkait antisipasi PMK di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Frengky Keban

Sumber: Victory News Sumba Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Raih WTP Pertama, Bupati Bilang Begini

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:57 WIB

Pasca Pandemi Ini Kata Bupati Soal Pembangunan SBD

Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:19 WIB
X