SP2020 Lanjutan Penting untuk Sediakan Parameter Demografi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 23:18 WIB
Para pejabat berpose bersama di sela-sela Bakohumas SP2020 Lanjutan tingkat Provinsi NTT. (DOKUMENTASI BIRO APIM SETDA NTT)
Para pejabat berpose bersama di sela-sela Bakohumas SP2020 Lanjutan tingkat Provinsi NTT. (DOKUMENTASI BIRO APIM SETDA NTT)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR – Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Lanjutan yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) penting untuk menyediakan parameter demografi.

Selain itu, SP2020 Lanjutan juga berperan penting dalam mengklasifikasikan karakteristik penduduk di Indonesia.

Parameter demografi yang dan karakteristik penduduk ini akan menjadi dasar untuk menghasilkan indicator SDGs dan RPJMN di bidang kependudukan.

Baca Juga: Dokter Pribadi hingga Ahli Bedah Syaraf yang Merawat Diego Maradona Terancam 25 Tahun Penjara

Kepala BPS Provinsi NTT Matamira B. Kale menyampaikan hal ini saat membawakan materinya tentang SP2020 Lanjutan Apa dan Bagaimana dalam Bakohumas yang dilaksanakan Biro Apim Setda Provinsi NTT, Kamis (23/6/2022).

Dijelaskannya, tujuan pendataan SP2020 Lanjutan yaitu untuk memperkirakan jumlah, distribusi dan komposisi penduduk; memperoleh data untuk penghitungan parameter (kelahiran, kematian dan migrasi);

Baca Juga: Penyakit Mata Merah Tidak Menular Lewat Tatapan, Begini Cara Mencegahnya

Selanjutnya juga untuk menjadi sumber data dari indikator Angka Kematian Ibu (AKI); dan memperbarui data yang akan digunakan dalam proyeksi penduduk;

Juga sebagai sarana untuk menyediakan data karakteristik penduduk dan perumahan; serta menjadi sumber data indikator kependudukan untuk SDGs yang tidak dapat diperoleh dari sumber lain.

“Data yang dihasilkan yaitu Karakteristik Penduduk, Migrasi, Disabilitas, Ketenagakerjaan, Fertilitas, Mortalitas, dan Perumahan,” ungkapnya dalam rilis Biro Apim Setda Provinsi NTT yang diterima sumbatimur.victorynews.id, Kamis (23/6/2022).

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Biro Apim Setda Provinsi NTT

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNPB Sebut Ada 3.000 KK Terdampak Banjir Malaka

Senin, 4 Juli 2022 | 06:32 WIB
X