Bahasa Kambera Jadi Salah Satu Bahasa yang Jadi Fokus Revitalisasi di NTT

- Senin, 27 Juni 2022 | 17:33 WIB
Rapat koordinasi program Merdeka Belajar Episode ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah di Nusa Tenggara Timur (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR / SEPRITUS TM)
Rapat koordinasi program Merdeka Belajar Episode ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah di Nusa Tenggara Timur (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR / SEPRITUS TM)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan satu dari 12 provinsi yang menjadi target revitalisasi bahasa daerah tahun 2022. 

Dalam rapat koordinasi program Merdeka Belajar Episode ke-17: Revitalisasi Bahasa Daerah di Nusa Tenggara Timur, yang diselenggarakan di Kupang, NTT, Senin (27/6/2022).

DIsebut ada lima bahasa daerah di 11 kabupaten kota di NTT yang akan menjadi fokus revitalisasi di tahun ini. 

Baca Juga: Perdana Ikut Pesparawi Tingkat Nasional, SBD Raih Perak

Kelima bahasa tersebut adalah: bahasa Dawan, bahasa Manggarai, bahasa Kambera, bahasa Rote, dan bahasa Abui.

Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), M. Abdul Khak, menuturkan, NTT merupakan provinsi ketiga di Indonesia dengan jumlah bahasa daerah terbanyak. 

Dari 718 bahasa daerah yang ada di Indonesia, 72 di antaranya berasal dari NTT seperti dilansir sumbatimur.victorynews.id dari laman kemdikbud.go.id.

Baca Juga: Dukung Panitia Pesperani, Direktur TI dan Operasional Bank NTT Launching Rekening 'Satu dalam Kasih'

“Itu mengapa rapat koordinasi ini penting dan bermakna bagi warga NTT, terutama pemangku kepentingan yang diberi amanah oleh rakyat. Kami berharap bapak/ibu dapat memberi kontribusi, saran, masukan, pada rapat koordinasi ini, sekaligus berperan aktif dalam pelaksanaan tindak lanjutnya nanti,” ujar Abdul Khak, di hadapan seluruh pemangku kepentingan bahasa Provinsi NTT yang hadir secara daring maupun luring.

Halaman:

Editor: Sepritus TM

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Miris, Punya Aset Wisata Kok Jalannya Rusak 

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:15 WIB

Kasat Pol PP Tutup Usia, Sekda SBD Tulis Pesan Ini

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:33 WIB

PAN Flotim Buka Pendaftaran Bacaleg, Ini Syaratnya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:26 WIB

Di Sosialisasi Germas, RWT Beberkan Tugas DPR RI

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:00 WIB
X