Hutan Umbu Riri Tandus, Diduga Dibabat Warga: Begini Penampakannya

- Rabu, 28 September 2022 | 17:12 WIB
Beginilah kodisi hutan Umbu Riri, Resort Waimanu, SPTN I Waibakul di Taman Nasional Matalawa , Sumba Tengah yang digunduli warga.  (Dokumen Tim Patroli TN Matalawa)
Beginilah kodisi hutan Umbu Riri, Resort Waimanu, SPTN I Waibakul di Taman Nasional Matalawa , Sumba Tengah yang digunduli warga. (Dokumen Tim Patroli TN Matalawa)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Hutan Umbu Riri, Resort Waimanu, SPTN I Waibakul di Taman Nasional Matalawa, Kabupaten Sumba Tengah mulai tandus.

Hal ini disebabkan oleh adanya temuan pembukaan lahan baru yang diduga dilakukan oleh warga masyarakat di sekitar lokasi kawasan hutan tersebut.

Baca Juga: Diharapkan Jadi Andalan, Lawadi Kini Malah Jadi Pesakitan Hingga Diaudit

Temuan itupun kemudian dibagikan akun @btn_matalawa di laman Instagramnya tanggal 20 September silam.

Dalam postingannya dirinya lantas menulis kalau temuan pembukaan lahan itu ditemukan pada tanggal 13-16 September lalu saat petugas Taman Nasional Matalawa melakukan patroli.

"Petugas menemukan adanya pembukaan hutan yang diduga dilakukan oleh masyarakat sekitar kawasan hutan. Lokasi pembukaan hutan tersebut berada di sekitar zona tradisional yang sebelumnya telah digarap oleh masyarakat," tulis akun tersebut.

Baca Juga: 2 Perbedaan Zodiak Ini Sering Kita Temui, Yuk Simak

Pembukaan kawasan hutan, terang akun itu dilakukan dengan menebang kayu menggunakan chainsaw, mengolah kayu tebangan, kemudian melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar.

"Petugas kemudian melakukan koordinasi kepada pihak pemerintah desa untuk selanjutkan melakukan pembinaan pada masyarakat yang melakukan pembukaan hutan," tambahnya.

Halaman:

Editor: Frengky Keban

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lakukan Kunker di TTS, Ini Pesan Ratu Wulla Talu

Minggu, 20 November 2022 | 18:51 WIB
X