Kebakaran Wainyapu, Sekda: Sudah Ditetapkan Bencana

- Rabu, 28 September 2022 | 21:22 WIB
Sekda SBD Frans M Adi Lalo menyebut Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya akan membantu untuk merevitalisasi dan memulihkan Kampung Adat Wainyapu yang sebelumnya terbakar.  (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/FRENGKY KEBAN)
Sekda SBD Frans M Adi Lalo menyebut Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya akan membantu untuk merevitalisasi dan memulihkan Kampung Adat Wainyapu yang sebelumnya terbakar. (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/FRENGKY KEBAN)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Kebakaran di Kampung Adat Wainyapu, Kecamatan Kodi Blaghar pada 20 September silam tentu belum lepas dari ingatan.

Apalagi kebakaran itu membuat warga harus kehilangan sejumlah harta miliknya termasuk rumah sebagai simbol peradaban nenek moyangnya yang sudah bertahan puluhan tahun.

Baca Juga: Lawadi Dikabarkan Merugi, Inspektorat Benarkan Adanya Audit Tapi

Jumlahnya pun tidak main-main mencapai 25 rumah dari delapan suku seperti Waihombo, Waijolo Deta, Waijolo Wawa, Waika Tarri, Waigali, Kaha Katoda, Kaha Deta dan Baroro.

Imbasnya, Pemerintah Daerah pun kemudian mengambil langkah dengan menetapkan kebakaran di Kampung Wainyapu sebagai bencana yang harus cepat ditangani. 

Apalagi, Kampung Adat Wainyapu sendiri adalah salah satu aset wisata unggulan daerah dengan pasolanya.

Baca Juga: Hutan Umbu Riri Tandus, Diduga Dibabat Warga: Begini Penampakannya

Tidak mengherankan, selain memberikan bantuan berupa makanan dan barang kebutuhan lainnya, kini pemerintah sedang mengupayakan bantuan dana untuk revitalisasi Kampung Adat Wainyapu tersebut. 

Hal ini dipertegas juga oleh Sekda SBD, Frans M Adi Lalo saat membacakan jawaban Pemerintah terhadap pemandangan Fraksi-Fraksi DPRD SBD Atas Penyampaian Nota Keuangan Bupati Terhadap Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, Rabu (28/9/2022) siang tadi di gedung sementara DPRD SBD

Halaman:

Editor: Frengky Keban

Sumber: Victory News Sumba Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lakukan Kunker di TTS, Ini Pesan Ratu Wulla Talu

Minggu, 20 November 2022 | 18:51 WIB
X