Sasar Kelompok dan Organisasi, Begini Bentuk Pengawasan Partisipatif Pemilu Yang Bakal Dikembangkan Bawaslu

- Rabu, 23 November 2022 | 18:06 WIB
Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas pada Bawaslu SBD, Doni Nani mengungkapkan bahwa pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024 mendatang.  (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/FRENGKY KEBAN)
Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas pada Bawaslu SBD, Doni Nani mengungkapkan bahwa pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024 mendatang. (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/FRENGKY KEBAN)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Bawaslu SBD telah melakukan MoU bersama sejumlah organisasi kepemudaan dan kelompok lintas agama maupun paguyupan beberapa waktu kemarin.

Penandatangan ini adalah bagian dari upaya Bawaslu SBD dalam mengembangkan program pengawasan partisipatif jelang Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: ReMas Al Jihad Waingapu Melaju ke Semifinal Turnamen Sepakbola Antar Umat Beragama

Dalam materinya saat sosialisasi pengawasan tahapan pemilu kepada stakeholder, Selasa (22/11/2022) kemarin, Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas pada Bawaslu SBD, Doni Nani mengungkapkan kalau pengawasan partisipatif yang dilakukan pihaknya itu semata-mata untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

Pengawasan partisipatif ini terang Doni Nani memang diperlukan karena potensi pelanggaran pemilu dinilainya sangat besar.

Baca Juga: Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Menkes: Minimalisir Tambahan Korban Jiwa

"Tujuannya selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat tapi juga untuk memberikan pendidikan politik, kepemiluan dan kelembagaan pengawas pemilu bagi masyarakat serta menciptakan kader dan tokoh penggerak pengawasan pemilu," katanya.

Lebih lanjut Doni Nani menguraikan sejumlah bentuk pengawasan partisipatif dari stakeholder yang disebutnya dapat dimulai dari pendidikan pengawas partisipatif, forum warga pengawasan partisipatif, pojok pengawasan, kerjasama dengan perguruan tinggi, kampung pengawasan pemilu hingga saka adhyasta pemilu.

Baca Juga: Direktur CV Samudera Chemical Ikut jadi Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut

Halaman:

Editor: Frengky Bala Keban

Sumber: Victory News Sumba Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X