Kericuhan Kanjuruhan Jadi Kasus Kematian Tertinggi Kedua, Mobil Polisi Ikut Dibakar: 180 Masih Dirawat

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 10:52 WIB
Kapolda Jatim ungkap kronologi kericuhan atau kerusuhan supporter Arema yang sebabkan 127 orang meninggal dunia. (Dokumen IST)
Kapolda Jatim ungkap kronologi kericuhan atau kerusuhan supporter Arema yang sebabkan 127 orang meninggal dunia. (Dokumen IST)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Kericuhan yang terjadi pasca pertandingan antara Arema Malang kontra Persebaya Surabaya meninggalkan kesan kurang elok bagi wajah persepakbolaan Indonesia.

Pasalnya, kericuhan ini menyebabkan 127 suporter meninggal dunia dengan dua diantaranya adalah anggota Polisi.

Baca Juga: 127 Suporter Dikabarkan Meninggal Pasca Ricuh, Menko Polhukam Sebut Panpel Lalai Hingga Sebut Bukan Persebaya

Imbasnya, kericuhan dengan korban jiwa tersebut tercatat sebagai kericuhan terbesar kedua dalam sejarah sepakbola sebagaimana dilansir pricenomics karena tidak hanya korban jiwa ada ratusan orang juga dikabarkan menjani perawatan.

Pasca kejadian, Kapolda Nico Afinta, Sabtu (1/10/2022) malam mengakui bahwa kejadian ini murni akibat ketidakpuasaan suporter Arema Malang yang tidak puas dengan hasil yang diraih timnya.

"Terkait dengan proses pertandingan tidak ada masalah. Semuanya selesai. Permasalahan terjadi usai pertandingan selesai. Terjadi karena penonton kecewa melihat tim kesayangannya kalah sehingga penonton turun ke tengah lapangan dan mencari pemain dan official Arema," katanya.

Baca Juga: Roma Comeback, Gol Dimarco Sia-Sia: Dybala dan Smalling Bintang

Hal ini ungkapnya membuat aparat pun turun ke lapangan untuk menghalau para suporter dengan salah satunya melakukan penyemprotan gas air mata.

Karena ketakutan, lanjut Nico para suporterpun berbondong-bondong keluar stadion namun karena pintunya sempit terjadilah dorong mendorong yang membuat para suporter kesulitan keluar sehingga ada yang terinjak dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Frengky Keban

Sumber: Youtube Kompas TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kroasia Kalahkan Kanada dan Jadi Pemuncak Grup F

Senin, 28 November 2022 | 01:55 WIB

Argentina Jaga Asa Lolos Usai Bungkam Meksiko

Minggu, 27 November 2022 | 06:54 WIB

Dua Gol Mbappe Bawa Prancis Jadi Tim Pertama yang Lolos

Minggu, 27 November 2022 | 06:01 WIB

Kartu Merah Wayne Hennessey jadi Jalan Kekalahan Wales

Jumat, 25 November 2022 | 20:40 WIB

Timnas Indonesia U20 Bermain Imbang dengan Malaga U19

Jumat, 25 November 2022 | 15:03 WIB
X