Pasola Lamboya Sempat Diwarnai Aksi Lemparan Batu

- Rabu, 2 Februari 2022 | 10:13 WIB
PASOLA --- Salah satu penunggang kuda Pasola minum air saat jeda, Selasa (1/2/2022) (VN/Frengky Keban)
PASOLA --- Salah satu penunggang kuda Pasola minum air saat jeda, Selasa (1/2/2022) (VN/Frengky Keban)

VICTORY NEWS SUMBA TIMUR - Pasola atau uji ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang sedang dipacu kencang antara dua kelompok yang berlawanan di Lamboya Kabupaten Sumba Barat, Selasa (1/2/2022) sempat diwarnai aksi lemparan batu.

Walau demikian aksi saling lempar batu dalam kegiatan Pasola tersebut berhasil diatur oleh aparat keamanan sehingga berlangsung aman hingga usai.

Baca Juga: Mantan Kabid Pemdes SBD Kecewa dengan Penyidik Polres Sumba Barat

Pasola sendiri merupakan sebuah atraksi budaya di bagian barat Pulau Sumba yang dilakukan secara rutin setiap tahun antara bulan Februari hingga akhir Maret.

Saat dihubungi Victory News, Rabu (2/2/2022) salah satu penonton, Anita Irene secara gamblang menyebut pelaksanaan Pasola di Lamboya kemarin berlangsung cukup meriah.

Hal ini sebutnya dapat dilihat dari kehadiran penonton yang cukup banyak. Kendaraan yang hadirpun sebutnya melebihi kapasitas dari area parkir yang ada sehingga kemacetan tidak bisa dihindari.

Baca Juga: Marungga Foundation dan SID Lakukan ToT bagi Badan Penghayat Marapu

"Penontonnya sangat banyak. Lebih banyak dari tahun lalu. Sehingga kami harus menunggu lama untuk keluar dari arena Pasola, saat selesai" katanya.

Walaupun begitu, diakuinya dalam pelaksanaan Pasola tersebut memang sempat terjadi insiden pelemparan batu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun hal itu ungkapnya lagi dapat diredam oleh pihak keamanan sehingga pelaksanaan Pasola bisa berjalan aman hingga selesai.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Tags

Terkini

Air Terjun La Iwi Cocok Untuk Liburan Keluarga

Minggu, 29 Mei 2022 | 10:49 WIB
X