Festival Teluk Jailolo Jadi Momentum Kebangkitan Sektor Parekraf di Halmahera Barat

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:57 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kemenparekraf.go.id)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kemenparekraf.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2022 dibuka secara resmi oleh Menparekraf Sandiaga Uno yang menjadi momentum kebangkitan sektor parekraf di Halmahera Barat, Maluku Utara, Jumat (16/6/2022).

Sandiaga menyampaikan kemeriahan dari Festival Teluk Jailolo merupakan kolaborasi dari Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah.

Dilansir dari laman Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, event daerah ini bisa menggeliatkan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Baca Juga: Kasus OTT di SBD Masih Jalan di Tempat, Tersangka Pasrah

Lebih lanjut Menparekraf Sandiaga Uno berharap, festival yang sudah memasuki tahun ke-13 bisa terus terselenggara dan terlebih tema yang diangkat juga selalu memberi semangat positif.

Contohnya saja tahun ini, tema yang diangkat adalah "Rise and Shine" Wonderful Culture of the Spice Islands. 

Festival yang berlangsung pada 15-18 Juni 2022 tersebut merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf dan Pemerintah Daerah Halmahera Barat yang menyuguhkan berbagai atraksi untuk mengenalkan pesona Indonesia timur dari sisi alam, budaya, tradisi, hingga ekonomi kreatifnya.

Baca Juga: Ijazah Mengendap di Provinsi, Korwas Minta Sekolah Bertanggung Jawab

“Kami mendukung secara kongkrit FTJ ini. Saya hadir langsung memberikan dukungan juga memberikan bantuan kurasi dan pendanaan sehingga diharapkan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Terima kasih atas kolaborasinya dari pemerintah daerah dan stakeholders pariwisata lainnya,” katanya.

Menparekraf Sandiaga mengaku terkesan dengan keindahan alam dan budaya yang ada di Jailolo ini.

Baca Juga: Pesperani Nasional 2022 di Kota Kupang Diikuti 34 Provinsi

Terlebih dengan tarian kolosal Sasadu on the sea dan Ronggeng massal yang melibatkan banyak sanggar tari hingga masyarakat setempat.

Ajang itu menjadi momentum kebangkitan ekonomi sehingga memberikan kesejahteraan di Maluku Utara khususnya di Halmahera Barat.

Baca Juga: Malang Nasib, Niatnya 'Nakal' Pria ini Malah Diperas

Dalam kesempatan tersebut Menparekraf didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf Reza Fahlevi; dan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua.***

 

 

Baca Juga: Sadio Mane Dikabarkan Resmi Bergabung ke Bayern Munich

 

Halaman:

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X