Kemenparekraf Gelar Edutrip Ajak Mahasiswa Promosikan Potensi Desa Wisata

- Selasa, 21 Juni 2022 | 07:46 WIB
TANGKAPAN LAYAR Mahasiswa dalam kegiatan edutrip guna mempromosikan potensi Desa wisata (kemenparekraf.go.id)
TANGKAPAN LAYAR Mahasiswa dalam kegiatan edutrip guna mempromosikan potensi Desa wisata (kemenparekraf.go.id)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali melaksanakan kegiatan "Perjalanan Wisata Pengenalan Destinasi Prioritas untuk Pasar Nusantara".

Kegiatan kali ini melibatkan mahasiswa/mahasiswi dari Poltekpar NHI Bandung dengan mengunjungi beberapa destinasi dan desa wisata di Jawa Barat. 

Dilansir dari laman Kemenparekraf, edutrip yang berlangsung selama tiga hari pada 16-18 Juni 2022.

Baca Juga: Kemenag Siapkan Silabus Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Para peserta diajak mengenal potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kampung Naga, Tasikmalaya, serta Desa Wisata Saung Ciburial, Garut. 

Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dalam keterangannya, Senin (20/6/2022), mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan daya tarik wisata dan produk kreatif serta agar anak muda dapat menggali rasa cinta akan budaya dan pariwisata di Indonesia.

Baca Juga: Insiden Bobotoh yang Meninggal, Menpora Minta Tunggu Investigasi PSSI

"Diharapkan mereka dapat mempromosikan potensi pariwisata baik dari segi kuliner, budaya, ekonomi kreatif, dan gaya hidup melalui akun media sosial masing-masing," kata Ni Wayan Giri Adnyani.

Giri menjelaskan pemilihan destinasi tersebut karena keduanya dinilai memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang tinggi.

Kampung Naga di Kabupaten Tasikmalaya misalnya, merupakan kampung adat yang masih memegang adat tradisi nenek moyang.

Baca Juga: Bamantara EEPISAT Diapresiasi Dubes Amerika Setelah Raih Juara 3 di Bidang Peluncuran Satelit Internasional

Desa Wisata Saung Ciburial yang terletak di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, ini merupakan pemenang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 kategori toilet umum.

Desa Wisata ini mengusung tema wisata edukasi dimana pengunjung bukan hanya menikmati berbagai sajian paket wisata yang ditawarkan.

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi kegiatan "Perjalanan Wisata Pengenalan Destinasi Prioritas untuk Pasar Nusantara", terutama dalam mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata tanah air khususnya desa wisata.

Baca Juga: Polres Sumba Timur Bagi 50 Paket Bingkisan Kasih bagi Warga Kurang Mampu

Pengembangan desa wisata merupakan salah satu fokus program dari Kemenparekraf yang juga sejalan dengan arahan Presiden karena desa wisata dinilai mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Keberadaan desa wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara," kata Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga: Covid-19 Serang Korea Utara, 18.820 Warga Dilaporkan Demam

Secara khusus Menparekraf Sandiaga berharap edutrip ini juga dapat memperkenalkan lebih jauh para peserta akan arah pengembangan pariwisata Indonesia yakni menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. 

“Pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan itu diantaranya adalah pariwisata yang mengedepankan empat aspek utama yakni kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan,” kata Menparekraf Sandiaga.***


Baca Juga: Begini Tanggapan Ridwan Kamil Soal Tiara Marleen yang Membuat Warganet Geram


 

 

Halaman:

Editor: Milia Dwiputri

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X