Jelang Pasola, Pemkab SBD Serius Bahas ini dengan Tomas

- Jumat, 18 Februari 2022 | 12:20 WIB
RAPAT - Inilah rapat persiapan menjelang pelaksanaan Pasola yang dimpimpin Asisten I Setda SBD, Jumat (18/2/2022). (VN/FRENGKY KEBAN)
RAPAT - Inilah rapat persiapan menjelang pelaksanaan Pasola yang dimpimpin Asisten I Setda SBD, Jumat (18/2/2022). (VN/FRENGKY KEBAN)

SUMBA TIMUR VICTORY NEWS - Pelaksanaan Event Pasola sudah semakin dekat. Segala persiapan telah dilakukan untuk memastikan pelaksanaan Pasola di beberapa titik di wilayah Kodi, Kodi Bangedo dan Kodi Blaghar dapat berjalan baik.

Terbaru, Pemerintah Daerah (Pemkab) Sumba Barat Daya (SBD) menggelar Rapat Koordinasi di Aula Kantor Bupati, Jumat (18/2/2022) dan membahas sejumlah hal yang harus diperhatikan bersama selama proses pelaksanaan Pasola.

Diawal sambutannya, Bupati SBD, dr. Kornelis Kodi Mete melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Christofel Horo mengakui Pasola adalah budaya khas Sumba yang perlu dilestarikan. Namun hal itu sebutnya belum cukup untuk membuat Pasola mendunia.

Baca Juga: 3 Nama Masuk dalam Radar Partai Golkar Menuju Pilkada SBD 2024

"Pasola itu sangat mendunia. Semua orang tahu Pasola tapi kelemahan kita adalah belum bisa menduniakan Pasola," katanya.

Hal ini terangnya dapat dilihat dari pengalaman selama ini dimana pasola hanya ditonton saja tanpa menjadi perbincangan umum ke publik.

"Itu belum ditambah dengan lemahnya kita memanfaatkan event ini dari sisi ekonomi dan budaya," tegasnya.

Sebab menurutnya masih banyak masyarakat Sumba yang menganggap Pasola sebagai rutinitas semata bukan sebagai bagian dari ritus budaya sehingga banyak yang tidak mengenakan pakaian adat sesuai dengan yang semestinya.

Baca Juga: BPBD Masih Tunggu Juknis Ditandatangani untuk Proses Dana Seroja

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Tags

Terkini

Sumba Timur Juara 1 Capaian BIAN di NTT

Senin, 8 Agustus 2022 | 16:55 WIB
X