Warga Kurang Peka, Tampilan Pasar Matawai Jauh dari Kata Bersih

- Senin, 28 Maret 2022 | 22:59 WIB
SAMPAH - Petugas pengelola pasar sedang membersihkan sampah di kompleks Pasar Matawai, Jumat (25/3/2022) (VICTORY NEWS SUMBA TIMUR/JUMAL HAUTEAS)
SAMPAH - Petugas pengelola pasar sedang membersihkan sampah di kompleks Pasar Matawai, Jumat (25/3/2022) (VICTORY NEWS SUMBA TIMUR/JUMAL HAUTEAS)

VICTORY NEWS SUMBA TIMUR - Kesadaran pengelolaan sampah yang baik dari warga pengguna pasar maupun pengunjung dinilai masih kurang.

Kurangnya kesadaran tentang kebersihan ini nampak dari kondisi kebersihan Pasar Matawai yang masih jauh dari kata bersih.

Pasalnya selain sampah plastik yang bertebaran bebas, banyak sampah organik yang berasal dari para penjual sayuran di pasar yang masih dibiarkan bertebaran di dekat lapak jualan mereka.

Baca Juga: Jemaat Waikabubak Cabang Manoawawi Jemput Calon Pendeta Terpilih, Vikaris Metvensius Isak di Payeti

Penanggung jawab kebersihan lantai satu Pasar Matawai, Alfini Riwu kepada sumbatimur.victorynews.id mengakui pihaknya sudah sering menghimbau warga pasar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Namun faktanya mereka tetap harus melakukan kegiatan Jumat bersih setiap minggu dan seringkali tidak ada partisipasi dari warga pasar.

"Mereka (warga pasar) selalu beralasan sudah bayar iuran sampah sehingga tidak mau ikut bersihkan," ungkapnya.

Baca Juga: Akhirnya Terkuak Pemilik Mitan Selundupan yang Diamankan di Pelabuhan Waikelo

Kepala UPTD Pasar Matawai, Agustinus Haleku Nongu menambahkan walau pihaknya selalu melaksanakan kegiatan Jumat bersih, volume sampah yang dikumpulkan setiap minggunya tetap saja banyak.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Victory News Sumba Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sumba Timur Juara 1 Capaian BIAN di NTT

Senin, 8 Agustus 2022 | 16:55 WIB
X