Resmikan Lapangan Rihi Eti Prailiu, Bupati Sumba Timur 'Potong' Kerbau

- Kamis, 12 Mei 2022 | 13:09 WIB
ANCANG - Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing mengambil ancang-ancang untuk 'memotong' kerbau tanda peresmian Lapangan Rihi Eti Prailiu, Kamis (12/5/2022). (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/JUMAL HAUTEAS)
ANCANG - Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing mengambil ancang-ancang untuk 'memotong' kerbau tanda peresmian Lapangan Rihi Eti Prailiu, Kamis (12/5/2022). (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/JUMAL HAUTEAS)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Bupati Sumba Timur 'memotong' seekor kerbau jantan sebagai tanda diresmikannya Lapangan Rihi Eti Prailiu, Kamis (22/5/2022).

Pemotongan kerbau ini menandai secara adat Sumba bahwa Lapangan Rihi Eti Prailiu sudah resmi dapat digunakan sesuai peruntukkannya.

Baca Juga: Pemilu 2024 Tetap Terlaksana, Ini Pesan Menko Polhukam Kepada KPU

Dimana Lapangan Rihi Eti Prailiu akan menjadi lokasi khusus untuk latihan dan perlombaan pacuan kuda baik untuk tingkat lokal Sumba Timur maupun sedaratan Sumba dan lainnya.

Namun dalam prosesi pemotongan kerbau ini, Bupati Sumba Timur hanya melakukannya secara simbolis yakni dengan mengayunkan parang ke arah kerbau tanpa mengenai leher kerbau.

Baca Juga: Hari Ini, 5 PJ Gubernur Siap Dilantik

Selanjutnya dengan iringan suara bunyi musik gong dan tambur serta pekikan kebahagiaan ribuan masyarakat yang hadir, tokoh masyarakat Kampung Adat Prailiu memotong kerbau tersebut.

Dimana dengan sekali tebas, kerbau dengan usia sekitar satu tahun lebih tersebut langsung terkapar setelah terkena tebasan parang.

Baca Juga: Warga Kiritana Bahagia Dapat Bantuan Toilet Portable

Peresmian Lapangan Rihi Eti Prailiu ini sendiri juga diwarnai sejumlah acara bernuansa budaya Sumba seperti nyanyian lagu daerah dengan diiringi alat musik tradisional Sumba seperti jungga, dan juga sejumlah tarian modifikasi.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Victory News Sumba Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Kampung Wundut Kesulitan Air Bersih

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:56 WIB

Pelaksanaan BIAN Resmi Dimulai di Sumba Timur

Jumat, 20 Mei 2022 | 22:15 WIB
X