Optimalisasi Pemberian Informasi Langsung, BPJS Kesehatan Waingapu Bertandang Ke Kelurahan Prailiu

- Rabu, 29 Juni 2022 | 15:56 WIB
BPJS Kesehatan Cabang Waingapu dan Mahasiswa Poltekes Kemenkes Surabaya saat melakukan kegiatan optimalisasi informasi di Kampung Raja Prailiu. (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/JUMAL HAUTEAS)
BPJS Kesehatan Cabang Waingapu dan Mahasiswa Poltekes Kemenkes Surabaya saat melakukan kegiatan optimalisasi informasi di Kampung Raja Prailiu. (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/JUMAL HAUTEAS)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Demi meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Program JKN, BPJS Kesehatan Cabang Waingapu Bersama Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kemenkes Surabaya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara mengadakan sosialisasi pemberian informasi langsung mengenai program JKN kepada warga di kampung Raja, Kelurahan Prailiu Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (25/6/2022) lalu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Prailiu, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama bidan dan kader Posyandu di Kelurahan Prailiu serta dosen dan mahasiswa Poltekes Kemenkes Surabaya.

Baca Juga: Save the Children Gelar Solve A Thon

Lurah Prailiu, Petrus Kalaway dalam sambutannya mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat memberi pemahaman yang cukup kepada masyarakat secara singkat dan padat, tentang hak dan kewajiban peserta, prosedur dan tata cara pendaftaran serta manfaat pelayanan kesehatan yang didapat dari program JKN.

Dimana informasi ini dapat memberi dampak positif bagi peserta terutama dalam hal pemahaman peserta terkait regulasi serta hak dan kewajiban.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Waingapu, Irwan Ahmad dalam pemaparan materi program JKN-KIS menyampaikan, saat ini Nomor Induk Kependudukan (NIK) dapat dijadikan sebagai identitas peserta Program JKN-KIS di fasilitas kesehatan.

Baca Juga: PBM Fc Kandaskan Harapan Kamond B

Karenanya peserta yang kartu JKN-KIS rusak, hilang atau belum sempat mencetak, tidak perlu lagi khawatir karena peserta dapat mengakses kartu digital melalui aplikasi Mobile JKN atau dapat menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun peserta yang di rujuk ke rumah sakit.

Irwan juga menjelaskan untuk pelayanan administrasi BPJS Kesehatan tidak hanya terbatas pada pelayanan di kantor cabang saja, tetapi juga terdapat berbagai kanal layanan lain di antaranya aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165,  Mobile Customer Service (MCS), Website BPJS Kesehatan, Pandawa di nomor 08118165165, Vika (Voice Interaktive JKN) dan FacebookMessenger.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Victory News Sumba Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lomba Nyanyi Solo Lagu Kebangsaan Diikuti 40 Anak

Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Warga Kecamatan Kota Waingapu Masih Terisolasi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:13 WIB
X