Korupsi Dana Desa Ramuk, Sumba Timur Rugikan Keuangan Negara Lebih dari Rp 500 Juta

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 22:02 WIB
Mantan Kepala Desa Ramuk, Kabupaten Sumba Timur, Luther Namu Praing saat tiba di Lapas Kelas II A Waingapu. (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/JUMAL HAUTEAS)
Mantan Kepala Desa Ramuk, Kabupaten Sumba Timur, Luther Namu Praing saat tiba di Lapas Kelas II A Waingapu. (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR/JUMAL HAUTEAS)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR  - Kasus korupsi dana desa yang diduga dilakukan mantan Kepala Desa Ramuk, Luther Namu Praing (36) akan segera masuk ke persidangan.

Luther Namu Praing sendiri saat ini sudah menjadi tahanan hakim Tipikor pada Pengadilan Negeri Kelas I A Kupang, dan sedang dititipkan di Lapas Kelas II A Waingapu.

Baca Juga: Kunjungi Sekolah Tenun Berbasis Komunitas, Menteri PPPA janji Naikkan Kelas Keterampilan Penenun Sumba Timur

Hal ini disampaikan Kapolres Sumba Timur, AKBP Fajar Widyadharma Lukman melalui Kasat Reskrim Polres Sumba Timur, Iptu Salfredus Sutu saat ditemui sumbatimur.victorynews.id di ruang kerjanya, Rabu (3/8/2022).

Dijelaskannya nilai kerugian yang diakibatkan dalam dugaan penyalahgunaan dana desa dua tahun anggaran ini mencapai lebih dari Rp 500 juta.

"Hasil penghitungan kerugian negara untuk dua tahun itu sebesar Rp 558.786.240," jelas Sutu.

Baca Juga: Bharada E Akui Kejadian Tembak-Menembak Berlangsung Cepat

Nilai kerugian negara ini menurut Sutu merupakan akumulasi dari setidaknya lima paket pekerjaan yang dilakukan di Desa Ramuk, Kecamatan Pinu Pahar dalam dua tahun anggaran itu.

Dimana dana yang diduga dimanfaatkan tidak untuk paket pekerjaan itu adalah kurangnya volume pekerjaan, dan Hari Orang Kerja (HOK) yang tidak dibayar.

Lima paket pekerjaan fisik yang diduga dananya dikorupsi Luther Namu Praing adalah dari dua paket pekerjaan  jalan rabat beton.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Victory News Sumba Timur

Tags

Terkini

NTT Berduka, Sekda Domu Warandoy Meninggal Dunia

Minggu, 2 Oktober 2022 | 06:10 WIB

Anggota Polsek Paberiwai, Sumba Timur Aniaya Warga Sipil

Kamis, 29 September 2022 | 12:41 WIB
X