Sekolah Tenun Ikat-Pahikung Berbasis Komunitas Hasilkan Beragam Bahan Pewarna Alami, Ini Daftarnya

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:11 WIB
Ketua Sekolah Tenun Ikat-Pahikung Berbasis Komunitas, Masyarakat Sumba Timur, Arianti Ina Restiani Hunga.  (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR /JUMAL HAUTEAS)
Ketua Sekolah Tenun Ikat-Pahikung Berbasis Komunitas, Masyarakat Sumba Timur, Arianti Ina Restiani Hunga. (VICTORYNEWS SUMBA TIMUR /JUMAL HAUTEAS)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Sekolah Tenun ikat-pahikung berbasis komunitas telah hadir di Kabupaten Sumba Timur akhir 2018 silam. 

Darinya lahir kelompok-kepompok penenun binaan baru yang tersebar di 10 desa di Kabupaten Sumba Timur.

Sekolah Tenun Ikat Berbasis Komunitas ini dibentuk dan didukung penuh oleh akademisi dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan Unkriswina Sumba.

Baca Juga: Wah Gubernur Jabar Gandeng Bonge Ramaikan Peresmian Situ Rawa Kalong

Tidak hanya kedua universitas ini, melainkan sejumlah lembaga lain juga ikut terlibat termasuk dengan LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Akademisi UKSW, Arianti Ina Restiani Hunga kepada Victorynews Sumba Timur menjelaskan kehadiran Sekolah Tenun Ikat-Pahikung Berbasis Komunitas ini bagi dirinya adalah ungkapan terima kasihnya kepada kain tenun yang sudah memberi cerita dalam hidupnya.

Baca Juga: Lantik 2 Dirjen, Menteri ATR/Kepala BPN Tegaskan Segera Selesaikan RDTR di Seluruh Indonesia

"Saya anak Sumba Timur dan bisa sekolah dari hasil orang tua jual kain tenun sehingga tidak salah kalau saya lakukan sesuatu untuk kain tenun Sumba saat ini," ungkapnya.

Karenanya di Sekolah Tenun Ikat-Pahikung ini mereka membina para ibu untuk bisa menghasilkan beragam karya tenun dengan tambahan inovasi.

Baca Juga: Marcos Alonso Semakin Dekat ke Barcelona, Ternyata Gara-Gara Orang Ini

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: Victory News Sumba Timur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lomba Nyanyi Solo Lagu Kebangsaan Diikuti 40 Anak

Kamis, 11 Agustus 2022 | 23:00 WIB

Warga Kecamatan Kota Waingapu Masih Terisolasi

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:13 WIB
X