Menteri PUPR Janji Perbaiki Saluran Irigasi Bendung Kambaniru

- Rabu, 14 September 2022 | 06:14 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memantau kondisi saluran irigasi Bendung Kambaniru Minggu (11/9/2022)  (Victorynews Sumba Timur/Jumal Hauteas)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memantau kondisi saluran irigasi Bendung Kambaniru Minggu (11/9/2022) (Victorynews Sumba Timur/Jumal Hauteas)

VICTORYNEWS SUMBA TIMUR - Bendung Kambaniruyang ada di Kelurahan Malumbi, Kecamatan Kambera, Sumba Timur merupakan Bendung terbesar di Pulau Sumba.

Karena air yang dibendung dari sungai terbesar di Sumba Timur ini mengairi lebih dari 1.400 hektare are lahan pertanian masyarakat.

Bendung Kambaniru sendiri dibangun pemerintah sejak tahun 1992 lalu ini kemudian menjadi salah satu sumber air utama dalam pengembangan pertanian lahan basah di Sumba Timur.

Baca Juga: Belum Menemui Kata Sepakat, Laga PSN Ngada vs Persada SBD Bagaimana

Berada di aliran sungai terbesar di Sumba Timur membuat salah satu sayap Bendung Kambaniru patah diterjang banjir bandang Minggu (4/4/2021) lalu.

Pemerintah melalui Bappenas dan Kementerian PUPR kemudian memperbaiki kerusakan ini dan sejak Agustus 2022 lalu Bendung Kambaniru kembali mengalirkan air ke lahan pertanian warga.

Namun perbaikan ini hanya dilakukan pada kerusakan Bendung Kambaniru dan tidak pada saluran irigasi yang juga sudah berusia 30 tahun dan mengalami kerusakan di banyak titik.

Baca Juga: Presiden Instruksikan Penggunaan APBD Atasi Kenaikan BBM

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada sumbatimur.victorynews.id dalam kunjungan nya ke Bendung Kambaniru Minggu (11/9/2022) mengakui perbaikan saluran irigasi ini akan segera diperbaiki.

"Iya saluran irigasi nya juga akan kita perbaiki agar aliran air dari Bandung Kambaniru ini bisa maksimal," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Jumal Hauteas

Sumber: sumbatimur.victorynews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pindah Fasilitas Kesehatan Ternyata Kini Semudah Ini

Selasa, 29 November 2022 | 20:35 WIB

Kartu Kepesertaan BPJS Kesehatan Buat Tenang Saat Sakit

Selasa, 29 November 2022 | 15:35 WIB

BMKG Perkirakan Ada Potensi Hujan Guyur Sumba Timur

Jumat, 25 November 2022 | 23:03 WIB
X